Polda Jatim Atensi Penyebaran Sketsa Wajah Penembak Mathur

tangan sket.cdrSurabaya, Bhirawa
Polda jatim memberikan atensi khusu atas upaya Polres Bangkalan mengungkap kasus penembakan aktifis anti korupsi Bangkalan, Mathur.  Saat ini Polres Bangkalan  telah menyebarkan sketsa wajah tersangka penembakan , hasil keterangan korban.
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono kepada Bhirawa, Minggu (1/1) mengatakan, Polda Jatim mendukung sepenuhnya pengungkapan pelaku penembakan Mathur. Melalui Polres Bangkalan, Ia mempercayakan pengungkapan siapa pelaku dan dalang dibalik penembakan aktivis anti korupsi itu.
“Berdasarkan keterangan korban, ahli sketsa wajah menggambarkan pelaku penembakan atas dirinya,” terang Kombes Pol Awi Setiyono, Minggu (1/1).
Awi menjelaskan, dari sketsa wajah yang dibuat, 70 persen kemiripan itu akan memudahkan petugas dalam menemukan pelakunya. Pihaknya juga memback up penyebaran sketsa wajah pelaku penembakan. Sebab, pengusutan kasus ini ada di Polres Bangkalan dan melibatkan Polsek jajaran yang ada disana.
Terkait interogasi korban, Awi mengaku hal itu dilakukan setelah mendapat persetujuan dari dokter yang menangani korban. Tapi, sampai saat ini petugas belum bisa membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) terhadap korban.
“BAP akan dibuat setelah korban benar-benar dinyatakan sembuh oleh dokter, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan atasnya (korban),” ungkap Awi.
Berdasarkan data yang dihimpun Bhirawa, pelaku penembakan terhadap Hathur diduga dilakukan oleh dua orang. Keduaanya ditengarai menggunakan kendaraan bermotor. Salah satu pelaku utama yang menodongkan senpi, sempat dikenali korban.
Disinggung terkait perkembangan penyidikan, Awi mengaku sampai saat ini belum ada perkembangan atas kasus ini. Menurutnya, penyidik Polisi masih mengumpulkan petunjuk, baik dari korban maupun sejumlah keterangan dari para saksi lain.
Diantara saksi ada yang menyebut sempat melihat dua orang berboncengan mengendarai sepeda motor paska kejadian. Dua orang itu memakai jaket dan songkok. “Fokus penyelidikan masih pada hasil sketsa wajah dan penyebaran sketsa tersebut,” tandas Awi. [bed]

Keterangan Foto : Sketsa Wajah Penembak Mathur.

Tags: