Polisi Gerebek Kampung Mercon di Beji Pasuruan

12-arang mercon yang ditemukan petugas1Pasuruan, Bhirawa
Industri mercon rumahan atau yang dikenal dengan perkampungan mercon di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan berhasil digerebek petugas kepolisian, Kamis (12/6).
Ribuan butir mercon siap edar beserta bahan pembuatannya  diamankan petugas Polres Pasuruan berdasarkan informasi dari masyarakat. Pengamanan serta penyitaan mercon tersebut dilakukan berdasarkan Operasi Cipta kondisi jelang Pilpres dan Puasa Ramadan.
Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Agus I Supriyanto mengatakan penggerebekan perkampungan mercon itu berawal dari informasi dari masyarakat.¬† Mengetahui informasi tersebut, kemudian petugas dari satu kompi gabungan anggota sabhara dan anggota reskrim ke lokasi dan melakukan penyisiran ke sejumlah rumah warga. Hasilnya, petugas menemukan ribuan butir mercon siap edar beserta bahan pembuatannya.¬† “Petugas gabungan kami, langsung ke kampung mercon. Setelah kami cek ternyata informasi dari warga benar. Ada, ribuan butir mercon siap edar beserta bahan pembuatannya,” kata AKP Agus I Supriyanto usai melakukan penggerebekan di lokasi.
Meski berhasil mengamankan ribuan butir mercon siap edar, namun ketiga pelaku melarikan diri. Tiga pelaku warga Desa Ngembe itu adalah, Robani (45), Joyo (35) dan Eko Cahyono (25). Sementara ribuan butir mercon yang berhasil diamankan itu, selanjutnya dibawa ke Mapolres Pasuruan. “Mereka bertiga adalah pembuat mercon tapi jika ada pesanan. Saat penggerebekan mereka berhasil kabur,” paparnya. [hil]

Keterangan Foto : Petugas dari Polres Pasuruan menemukan serbuk hitam pembuat mercon di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, Kamis (12/6). [hilmi husain/bhirawa]

Tags: