Polres Batu Kota Ciduk Preman dan Pelaku Pungli

Petugas Polres Batu saat menggelar razia premanisme dan pelaku pungli, Selasa (15/6) malam.

Kota Batu, Bhirawa
Kepolisian Polres Batu melakukan razia premanisme dan pelaku pungutan liar (pungli), Selasa (15/6) malam. Beberapa anak punk dan pelaku pungli berhasil diciduk petugas.
Razia premanisme dan pungli ini dilakukan Polres Batu dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif agar Kota Batu menjadi kondusif dan menghilangkan kekhawatiran para wisatawan yang akan berkunjung. Diharapkan hal ini bisa meningkatkan kunjungan wisata walapun saat ini belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19
“Dalam kegiatan penertiban ini Polres Batu dibantu rekan-rekan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu untuk menyisir keberadaan anak punk yang kerab menimbulkan keresahan masyarakat dan wisatawan,”ujar Paur Humas Polres Batu, Aiptu Donny mendampingi Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, Rabu (16/6).
Ia menjelaskan bahwa razia premanisme dan kejahatan jalanan ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam upaya menekan tingkat kejahatan di jalan. Adapun giat razia dipimpin Kabag Ops Polres Batu, Kompol Hari Subagyo. Para petugas melakukan penyisiran ke beberapa tempat yang biasa dijadikan tempat tongkrongan para preman.
Razia yang tak diketahui para preman dan pelaku pungli inipun berhasil mengamankan sembilan orang. Dari mereka yang terjaring, terdapat enam orang yang sedang melakukan aksi pungutan liar. Keenam orang ini memungut tarif parkir namun tidak memiliki ijin resmi alias jukir liar. “Dari sembilan orang yang diamankan ini langsung dilakukan pemeriksaan oleh anggota (Polisi), serta dilakukan pendataan indentitasnya,” jelas Donny.
Giat razia premanisme dan pelaku pungli ini akan menjadi agenda rutin yang dilakukan Polres Batu. Tidak hanya turun di jalan, petugas gabungan juga akan melakukan patroli ke kawasan rawan tindak kejahatan. Diharapkan giat ini mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan Batu sebagai Kota Wisata. [nas]

Tags: