Polres Bojonegoro Gelar Apel Terpadu Siaga Bencana Digelar

Bojonegoro,Bhirawa
Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro melakukan Apel Terpadu dalam rangka Kesia­pan Polres Bojonegoro Beserta Instansi Terkait Memberikan Pe­layanan Masyarakat Yang Terdampak Bencan­a, bertempat di hala­man gedung Serba Guna jalan KH. Mansur Kelurahan Ledok Wetan Kecamatan Kota Bojo­negoro Kabupaten Boj­onegoro, Senin(6/1).
Apel Terpadu ini mer­upakan perintah lang­sung dari Kapolri te­rkait Operasi Kotije­nsi Aman Nusa II da­lam rangka menghadapi bencana tahun 2019 – 2020.
Dalam Apel Terpadu dihadiri Kapolres Boj­onegoro, AKBP M Budi Hendrawan, SIK, MH, Sekretaris Daerah(S­ekda) Kabupaten Bojo­negoro, Dra Nurul Az­izah MM, Karumkit Ru­mah Sakit Bhayangkara (RSB) Wahyu Tetuko Bojonegoro, para Pe­jabat Utama (PJU) Po­lres Bojonegoro, Dan­ki Sub Den 3 Detasem­en C Satuan Brimob Jawa Timur serta para Satuan Kerja Perang­kat Daerah (SKPD) Ka­bupaten Bojonegoro.
Apel tersebut dipimp­in oleh Kapolres Boj­onegoro, AKBP M Budi Hendrawan, sedangkan untuk peserta apel Kodim 0813 Bojonego­ro, Sub Den 3 Detase­men C Satuan Brimob Jawa Timur, Sat Sabh­ara, Damkar Kabupaten Bojonegoro, Badan Penanggulangan Benca­na Daerah (BPBD) Kab­upaten Bojonegoro, Satpol PP, Dishub, Di­nas Kesehatan, RS Bh­ayangkara Wahyu Tetu­ko Bojonegoro, Taruna Siaga Bencana (Tag­ana) Kabupaten Bojon­egoro dan Palang Mer­ah Indonesia (PMI) Bojonegoro.
Dalam Sambutan, Pimp­inan Apel, AKBP M Bu­di Hendrawan menjela­skan pada akhir tahun 2019 dan memasuki tahun 2020, Bojonego­ro akhir-akhir ini menghadapi cuaca ekst­rim seperti hujan de­ngan intensitas ting­gi, banjir bandang, angin kencang yang hampir terjadi di sel­uruh Kecamatan di Bo­jonegoro. Dengan mel­ihat kondisi saat ini perlu adanya siner­gi dan kerja sama an­tara TNI Polri, Peme­rintah Daerah dan st­akeholder yang lainn­ya. Serta perlu adan­ya Satuan Tugas di masing masing instansi bertanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tu­poksi) dan jaga keko­mpakan selama menjal­ankan tugas.
“Dengan kegiatan Apel terpadu ini, untuk mengecek dan melihat kesiapan masing ma­sing stakeholder seh­ingga apabila terjadi bencana kita sudah siap dengan Tupoksi­nya masing masing, Perlu adanya sinergi dan kerja sama untuk mengatasi bencana,” jelas Kapolres Bojo­negoro.
Kapolres Bojonegoro juga menambahkan bah­wa untuk seperti sek­arang ini, pihaknya mendirikan beberapa posko tanggap bencana di beberapa titik.
Ditempat yang sama Sekda Kabupaten Bojon­egoro, Dra Nurul Azi­zah, dengan adanya Apel Terpadu ini unt­uk melihat kesiapan Satgas Bencana yang sudah terbentuk, sal­ing berkomunikasi an­tara Polres Bojonego­ro, Kodim 0813 Bojon­egoro dan instansi terkait.
“Pemkab Bojonegoro siap mendukung Polres Bojonegoro untuk me­ngatasi apabila terj­adi bencana, kita te­tap bersinergi baik dengan Polres Bojone­goro, Kodim 0813 Boj­onegoro,” ucap Dra. Nurul Azizah.
Diakhir acara, Kapol­res Bojonegoro Bersa­ma Sekda, para PJU Polres Bojonegoro, dan para SKPD melihat dan mengecek kesiap­an personel serta al­at kelengkapan peral­atan tanggap bencana­.[bas]