Polres Gerebek Arena Balapan Liar

Ratusan sepeda motor yang dugunakan oleh para pemuda untuk balapan liar yang berhasil diamankan oleh petugas kepolisian resort Tuban. [khoirul huda/bhirawa)

Ratusan sepeda motor yang dugunakan oleh para pemuda untuk balapan liar yang berhasil diamankan oleh petugas kepolisian resort Tuban. [khoirul huda/bhirawa)

Tuban, Bhirawa
Maraknya balapan liar di Bumi Wali Tuban yang dilakukan oleh para pemuda dinilai telah menganggu para penguna jalan. Hal ini membuat jajaran kepolisian resort Tuban geram dan melakukan penggerebekan di arena balap liar di jalan Tembus, Kelurahan Mondokan, Kabupaten Tuban, kemarin malam (27/04).
Dalam penggerebekan balap liar yang sebagian besar dari luar daerah ini, petugas kepolisian berhasil mengamankan seratus lebih sepeda motor milik para pemuda yang berada di lokasi kejadian. Selanjutnya motor milik para pemuda ini langsung diamankan di Polres Tuban.
Pengerebakan ini berawal dari seringnya keluhan dan pengaduan dari masyarakat yang geram dengan maraknya balapan liar. Oleh karenanya pada saat itu puluhan anggota dari Satuan Lalu Lintas Polres Tuban terjun ke lokasi untuk melakukan pengintaian.
Sejumlah anggota yang menggunakan pakaian preman sudah terlebih dahulu berada di lokasi untuk memastikan jika akan ada balap liar. “Untuk anggota yang kita libatkan sebanyak 72 anggota. Memang jalan itu terindikasi akan dilaksanakan balap liar. Sehingga kita lakukan penertiban,” terang IPTU Rukimin, Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Tuban.
Guna menghalau para pembalap liar serta sejumlah pemuda yang ada di lokasi kejadian supaya tidak kabur, petugas menutup akses jalan tersebut dari dua arah. Sehingga ratusan pemuda terjebak di tengah-tengah aparat kepolisian dan tidak bisa untuk kabur.
Dalam penggerebekan arena balap liar tersebut petugas memeriksa ratusan sepeda motor yang berada di lokasi kejadian. Namun untuk jumlah kendaraan yang diamankan sebanyak 152 unit motor dan langsung diangkut ke Polres Tuban. “Dari 152 unit sepeda motor yang kita amankan rinciannya 93 unit pengendara tidak bisa menunjukkan TNKB. Sedangkan untuk 59 unit lainnya sudah tidak standart,” lanjutnya.
Sementara itu, upaya pengrebekan dan penertiban balap liar di jalan Mondokan, Tuban tersebut sudah pernah dilakukan oleh petugas kepolisian. Namun mereka para pembalap jalanan itu tidak jera dan masih sering melakukan balapan hingga meresahkan pengguna jalan. [hud]

Rate this article!
Tags: