Polres Jember Semprotkan 10 Ribu Liter Disinfektan di Wilayah Segitiga Emas

Kendaraan taktis Ermored Wayer Cannon (AWC) Polres Jembet saat menyemprotkan Cairan Disinfektan di wilayah Segitiga Emas dan Pasar Tanjung, Selasa (24/3/2020)

Jember, Bhirawa
Polres Jember semprotkan 10 ribu liter disinfektan dikawasan segi tiga emas dan sekitar pasar tanjung dengan menggunakan kendaraan taktis Armored Wayer Cannon (AWC), Selasa (24/3/2020). Ini sebagai langkah pencegahan dan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid 19)
Dikawal 3 mobil patroli, rombongan berangkat dari Mapolres Jember sekitar Pukul 13.30 WIB. Melintasi wilayah Jalan Ahmad Yani, Jalan Trunojoyo, Jalan Samanhudi, Jalan Diponegoro, kemudian ke alun-alun kota, dan kembali ke Mapolres Jember.
Selain melakukan penyemprotan disinfektan dititik keramaian, petugas terus memberikan himbauan ajakan kepada masyarakat melalui pengeras suara, untuk bersama-sama mengantisasi sebaran virus corono dengan melakukan cuci tangan yang benar dan menerapkan hidup bersih.
“Mobil AWC itu berkeliling dari mapolres ke lokasi titik-titik keramaian menyiramkan sekitar 10 ribu liter cairan disinfektan. Dengan harapan selama kurang lebih 9 jam ke depan dapat mengurangi penyebaran virus corona itu,” kata Wakapolres Jember Kompol Windy Syahputra kemarin.
Kompol Windy menjelaskan, upaya penyiraman cairan disinfektan itu sebagai langkah pencegahan. “Karena kita tahu menangkalnya dengan menyiram cairan tersebut, juga mobil patroli yang mengawal juga memberikan himbauan agar masyarakat tidak berkumpul pada satu titik keramaian, dan juga menerapkan cuci tangan serta pola hidup bersih,” ungkapnya..
Windy mengaku kegiatan menyiram cairan disinfektan itu, bisa dilaksanakan setiap hari dengan jangkauan yang lebih luas. “Kita upayakan bisa dilaksanakan setiap hari dengan jangkauan yang lebih luas. Namun mempertimbangkan bahan cairan disinfektan ini, karena sekarang langka mendapatkannya, ya semoga bisa ada solusi lebih baik,” harapnya.
Selain melalukan penyemprotan dengan skala besar, Polres Jember menggelar patroli di sejumlah titik keramaian dan membubarkan mereka jika kedapatan sedang bergerombol. “Sudah saatnya memberlakukan tindakan tegas, setelah sebelumnya dilakukan langkah persuasif. Semoga dengan cara ini bisa memutus penyebaran virus corona di Jember,” ujar Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono saat memimpin patroli, Selasa (24/3/2020) malam.
Polisi juga meminta kepada para pemilik warung untuk menyediakan sabun dan air untuk cuci tangan setiap pembeli. Polisi juga menyemprotkan cairan disinfektan kepada warga yang sedang bergerombol.” Operasi ini akan terus dilakukan sampai ada keputusan pemerintah terkait situasi wabah Corona.
Sementara, berdasarkan data pantauan oleh Tim Satgas Penanganan Covid 19 yang direalese pertanggal 24/3/2020 pukul 13.00, di Jember belum ada pasien/orang yang positif terpapar virus corono, Pasien Dalam Pengasawan ( PDP) sebanyak 7 orang, dengan rincian 2 orang negatif, 5 orang dalam perawatan di RSU dr. Subandi. Sedang Orang Dalam Pantauan (ODP) terdata 93 orang dan 23 diantaranya dinyatakan sehat.(efi)

Tags: