Polres Malang Ringkus Penimbun BBM

6-FOTO A cyn-19-11-Foto BB satu unit kendaraan dan beberapa jerigen berisi BBM premiumKab Malang, Bhirawa
Detik-detik kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar, pada Senin (17/11) malam kemarin, merupakan kado Polres Malang, karena anggota polisi dari jajaran Polres setempat berhasil meringkus seorang pelaku yang diduga melakukan penimbunan BBM jenis premium.
Pelaku tersebut, kata Kapolres Malang AKBP Aris Haryanto SIK, Selasa (18/11), kepada sejumlah wartawan di Mapolres Malang, dalam aksi penimbunan BBM tersebut, pelaku menggunakan mobil keluarga jenis Daihatsu Zebra yang tangki bahan bakarnya dimodifikasi. Sehingga tangki bahan bakarnya mampu menampung 150 liter, padahal mobil keluarga tersebut  maksimal mampu diisi premium lebih kurang 30 liter.
Selain itu, ia melanjutkan, pihaknya juga menyita 14 jerigen yang berisi premium. Dari puluhan jerigen itu, isi kapasitas jerigen bervariasi, ada yang berisi 35 liter, 10 liter, dan lima liter. “Anggota kami telah melakukan penangkapan pelaku yang diduga akan menimbun BBM, yakni di wilayah Singosari. Sehingga Barang Bukti  (BB) berupa satu unit mobil Daihatsu Zebra dan 14 jerigen berisi BBM premium kita amankan di Mapolsek Singosari. Dan total BBM premium yang kita sita sebanyak 478 liter,” ungkapnya.
Dari hasil pengembangan, terang Aris, 14 jerigen yang berisi BBM premium ditemukan di rumah pelaku yang berinisial MR (57) warga Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Hingga saat ini pelaku masih dalam penyidikan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh anggota Reskrim Polsek Singosari.
Ditambahkan, setelah pengumuman kenaikan BBM jenis solar dan premium oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, pada Senin (17/11) kemarin malam, pihaknya langsung menempatkan petugas kepolisian untuk menjaga dan mengamankan 45 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang.
“Hingga saat ini anggota kami, masih melakuan penjagaan di setiap SPBU. Sementara, anggota yang kita tempatkan di setiap SPBU masing-masing dijaga tiga orang personel polisi, hingga batas waktu tidak ditentukan,” tutur Kapolres, yang juga mantan Kapolres Pacitan ini.
Secara terpisah, Kapolsek Singosari Kompol Decky Hermansyah menambahkan, aksi borong BBM jenis premium yang dilakukan MR warga Desa Candirenggo, di detik-detik kenaikan BBM, Senin (17/11) malam kemarin, mereka peroleh dari sebuah SPBU di kawasan Jalan Raya Randuagung, Kecamatan Singosari. “Pelaku MR kami tangkap saat perjalanan pulang dari SPBU,” jelasnya.
Sementara, dia katakan, modus pembelian BBM premium tersebut, selain memodifikasi tangki BBM pada mobilnya, MR dalam sehari berulang kali membeli BBM di SPBU yang sama. Sehingga hal itu mengundang kecurigaan masyarakat, yang kemudian melaporkannya ke Polisi. Dengan perbuatan yang dilakukan pelaku, maka dia akan kita jerat Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2001 tentang migas, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. [cyn]

Keterangan Foto  : Barang Bukti satu unit mobil Daiahtsu Zebra dan puluhan jerigen berisi BBM premium saat diamankan di Mapolsek Singosari. [cyn/Bhirawa]

Rate this article!
Tags: