Polres Situbondo – Forkopimda Situbondo Tanam 1000 Bibit Pohon

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Kapolres AKBP Sugandi dan Dandim Letkol Akhmad Juni Toa saat pencanangan penanaman 100 bibit pohon di kawasan Satpas SIM Arjasa. [Sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Polres Situbondo melalui program Polri Peduli Penghijauan melaksanakan kegiatan menanam 1000 bibit pohon Jumat (10/1). Kegiatan ini melibatkan seluruh kesatuan Polres Situbondo bersama jajaran Forkopimda Situbondo. Kegiatan ini bertujuan untuk mewariskan lingkungan hidup yang hijau, asri dan indah kepada generasi muda penerus bangsa di Kota Bumi Salawat Nariyah Situbondo.
Kapolres Situbondo AKBP Sugandi SIK M.Hum mengatakan, penanaman 1000 bibit pohon ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan. Melalui kegiatan Polri peduli penghijauan ini, aku mantan Kapolres Pacitan itu, Polres Situbondo mengadakan penanaman 1000 bibit pohon berbagai jenis. Sugandi mengaku, ada berbagai jenis pohon yang ditanam, diantaranya bibit pohon sengon, pohon jati, matoa, rambutan, petai, klengkeng dan jenis bibit yang lain.
“Dengan lingkungan Satpas Situbondo, lingkungan seluruh Polsek serta lingkungan rumah dinas polri berikut asrama Polri yang hijau maka akan mencegah banjir dan tanah longsor,” jelas Sugandi.
Masih kata Sugandi, kegiatan Polres Situbondo menanam ini untuk mewariskan kepada generasi penerus bangsa tentang pentingnya cinta dan peduli kepada penghijauan. Dengan terwujudnya kawasan yang hijau, harap pria dengan dua melati emas dipundaknya itu, maka kualitas udara Situbondo dapat terjaga dengan baik. “Dengan program ini akan bermanfaat bagi kesehatan semua masyarakat. Makanya kami melibatkan anak-anak TK dalam kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan pendidikan lingkungan hidup sejak dini,” jelas Sugandi.
Kegiatan penanaman pohon ini, imbuh Kapolres Sugandi, selain bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo juga melibatkan Kodim 0823 Situbondo serta menggandeng Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Perwakilan Banyuwangi yang bersedia membantu penyediaan 1000 bibit pohon. Kapolres Sugandi yakin, dengan penanaman 1000 bibit pohon kedepan bakal memiliki manfaat yang besar bagi kepentingan masyarakat Situbondo. “Kegiatan ini bisa menjadikan lingkungan Satpas Situbondo lebih rindang, sejuk serta memiliki kualitas oksigen yang lebih baik,” pungkas AKBP Sukandi.
Informasi Bhirawa menyebutkan, suksesnya kegiatan penanaman 1000 bibit pohon ini tidak hanya didukung penuh jajaran Forkopimda Kabupaten Situbondo melainkan juga mendapatkan atensi dari Dinas PUPR Kabupaten Situbondo, Ketua Bhayangkari, kalangan LSM, siswa TK, tokoh masyarakat, tokoh pemuda setempat serta sejumlah elemen masyarakat Kota Santri. [awi]

Tags: