Polres Sumenep Kerahkan 200 Personel Amankan Pelantikan Kades

POlisi-huru-haraSumenep, Bhirawa
Kepolisian Resor (Polres) Sumenep mengerahkan 200 personel untuk pengamanan pelaksanaan pelantikan kepala desa (kades) terpilih yang akan berlangsung tanggal 22 Desember 2014 di Pendopo Agung setempat. Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Edi Purwanto menyatakan, untuk memastikan kondusifitas pelantikan kades terpilih dalan pilkades serentak yang digelar di Sumenep ini, sebanyak 200 personel dari Shabara dikerahkan di beberapa titik akses jalan menuju Pendopo Agung yang merupakan tempat pelantikan kades terpilih.
“Kami menerjunkan 200 personel dalam pengamanan pelantikan kades terpilih ini. Ratusan personel ini akan ditempatkan dibeberapa simpul dan pintu masuk pendopo,” Kompol Edi Purwanto, Minggu (21/12).
Menurut Edi, selain penjagaan ekstra ketat,  tidak sembaranf orang umum bisa mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah kades terpilih. Mereka yang boleh masuk ke areal pelantikan di Pendopo Agung hanya yang memiliki undangan, yakni 5 orang perdesa dari unsur BPD dan kades terpilih. “Pengamanan nanti tidak hanya dari polisi, tapi dibantu dari unsur lain seperti Satpol PP dan TNI serta Dishub,” tuturnya.
Edi menegaskan, kades terpilih dilarang untuk melakukan konvoi yang bisa membuat macet jalan. Makanya, setiap desa diberi jatah maksimal 5 orang termasuk kades terpilih. Sebab, selain mengganggu pengendara lain, konvoi juga menyebabkan terjadinya kecelakaaan yang serius.
Tahun 2014 ini, Sumenep menggelar pilkades serentak secara bertahap di 90 desa, di wilayah daratan dan kepulauan. Namun di perjalanan ada 4 desa yang tahapan pilkadesnya terpaksa harus dihentikan sehingga tinggal 86 desa. [sul]

Tags: