Polres Tuban Amankan Kayu Hasil Jarahan

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati saat menunjukan barang bukti kayu hasil jarahan di Mapolres Tuban. (Khoirul Huda/bhirawa)

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati saat menunjukan barang bukti kayu hasil jarahan di Mapolres Tuban. (Khoirul Huda/bhirawa)

Tuban, Bhirawa.
Pasca tertangkapnya kelompok Parto Sukiran dkk, tersangka pembalakan liar yang terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas di Hutan Guwoterus di Petak VIII, Mulyoagung, Kerek, Tuban dua tahun yang lalu, para penjarah kayu hutan di Bumi Wali Tuban ini tak kunjung jera.
Terbukti, aparat Perhutani KPH Parengan kembali berhasil mengamankan sebanyak 17 batang kayu rimba sono berbentuk gelondong dengan berbagai ukuran yang diperkirakan juga hasil jarahan dan belum sempat dijual, kemarin..
Penangkapan bermula saat petugas perhutani melakukan patroli rutin di jalan Raya Turut Desa Wanglukulon, Kecamatan Senori. Dimana, saat itu petugas curiga melihat sebuah kendaraan truk nopol S 8961 HD yang sedang mengangkut hasil hutan.
Selanjutnya, truk di dipaksa berhenti oleh petugas dan ternyata pemilik tidak memiliki dokumen resmi dari surat keterangan sah hasil hutan (SKSHH). Tak banyak bicara petugas langsung menyerahkan barang bukti dan satu tersangka ke pihak Polsek Senori, Polres Tuban.
Diketahui bahwa tersangka bernama Kaidi (36), warga Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, sebagai supir truk itu. Perhutani pun mengalami kerugian senilai Rp 26,5 juta dari akibat itu.
Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati membenarkan kejadian tersebut. Sekarang barang bukti dan tersangka berada di Mapolres Tuban untuk menjalani penyelidikan lebih lanjut.
“Tersangka mengaku bahwa kayu tersebut akan dikirim keluar Tuban, tapi saat ini masih penyelidikan untuk mengungkap fakta baru,” kata AKP Elis.
Akibat berbuatan tersebut, tersangka terancam terancam akan menghabiskan hari-harinya didalam tahanan. Sesuia pasal 12 huruf E jo pasal 83 ayat 1 huruf B undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. (hud)

Tags: