Polres Tuban Razia Knalpot Brong

6-FOTO OPEN hud-Knalpot BrongTuban, Bhirawa
Jajaran kepolisian resort (Poleres) Tuban dari Satuan Unit Lantas dua hari terakhir melakukan razia pada para pengguna kendaran roda dua yang menggunakan knalpot Brong menjelang pergantian tahun yang tinggal satu hari lagi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya konvoi dan arak-arakan sepeda motor dengan knalpot Brong pada malam tahun baru 2015 yang akan datang.
Dalam razia yang dilakukan, petugas berhasil mengamankan sejumlah kendaraan sepeda motor yang menggunakan knalpol brong. Kendaraan yang tertangkap dalam razia tersebut langsung diangkut dan diamankan di Mapolres Tuban. “Kita tidak mau tahu, setiappelangaran pasti akan kita tindak. Sudah banyak sepeda motor yang pakai kenalpot brong kita amankan,” kata AKP Muhammad Fakih, Kasat Lantas Polres Tuban.
Kasat Lantas Polres Tuban ini juga menjelaskna kalau razia kendaraan bermotor tersebut telah dilakukan oleh petugas sejak dimulainya Operasi Lilin 2014 beberapa hari lalu. Adapun razia digelar di beberapa titik ruas jalan raya yang disinyalir sering digunakan para pelanggar lalu lintas melintas. “Razia kita lakukan secara rutin, termasuk di wilayah perbatasan masuk kota. Jangan sampai saat malam tahun baru ada konvoi sepeda motor dengan knalpot brong yang justru menganggu,” lanjut Kasat Lantas.
Guna mengantisipasi pelangaran Lalin, selian gencar melakukan razia, petugas juga telah melakukan pemasangan Baner yang berisikan himbuan untuk pengendara motor melakukan konvoi dan arak-arakan saat malam tahun baru. Baner tersebut telah di pasang di sejumlah titik ruas jalan dan juga gang kecil.
“Kita mengimbau para warga masyarakat untuk tidak melakukan konvoi terutama dengan menggunakan sepeda motor knalpot brong. Kalau itu masih kita temukan akan kita tidak tegas,” pungkas Kata AKP Muhammad Fakih, Kasat Lantas Polres Tuban.
Terjunkan 600 Personel
Polresta Kediri menghimbau masyarakat dalam perayaan malam tahun baru untuk tidak melakukan konvoi dengan menggunakan motor berkenalpot brong, apalagi tidak menggunakan peralatan berkendaraan yang komplit. Jika tidak, jajaran petugas lalu lintas Polresta Kediri tidak akan segan-segan menindak atau menilang bagi pengendara yang tidak memenuhi syarat kendaraannya atau surat-suratnya.
Dikatakan Kapolresta Kediri AKBP Budhi Herdi, sebenarnya penindakan ini tidak hanya akan dilakukan pada malam tahun baru saja, menurutnya hal ini dilakukan sejak diberlakukannya operasi lilin 2015 bebrapa waktu lalu. “Pada malam tahun baru jika ada motor tak sesuai spek tetap akan ditindak, ini diberlakukan sejak diberlakukanya operasi lilin beberapa waktu lalu,” kata Kapolresta.
Terpisah, Kasubag Humas Polresta Kediri AKP Anwar Iskandar mengatakan, untuk mengamankan malam tahun baru 2015 , Polresta kediri menerjunkan 600 personel. “Personel tersebut gabungan dari TNI-Polri, serta jajajaran pemerintahan, mereka nantinya akan bersiaga di beberapa titik-titik kota,” kata Kasubag Humas AKP Anwar.
Dia berharap pada malam tahun baru agar masyarakat, khususnya bagi pemuda untuk mampu mengendalikan diri dalam merayakan malam tahun baru dan menjaga ketertiban dalam berlalu lintas. “Dan kami meminta agar masyarakat juga melaporkan jika dalam kegiatan perayaan tahun baru melihat hal-hal yang mencurigakan dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya provokasi,” tandasnya. [hud,van]

Caption foto : AKP Muhammad Fakih, Kasat Lantas Polres Tuban saat menunjukkan sejumlah kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong yang sudah diamankan oleh petugas. (Khoirul Huda)

Rate this article!
Tags: