Polrestabes Surabaya Cek Keamanan dan Kesiapan Lapangan Jelang Piala Dunia U-20

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol melakukan pendampingan Final Assessment FIFA di Stadion GBT Surabaya, Minggu (26/3).

Pendampingan Final Assesment dari FIFA

Surabaya, Bhirawa
Polrestabes Surabaya melaksanakan pendampingan Final Assessment dari Federation Internationale de Football Associatin (FIFA). Pemeriksaan keamanan dan kesiapan tiga stadion yang ada di Surabaya, Minggu (26/3) ini dilakukan jelang Piala Dunia U-2023 pada Mei-Juni 2023 mendatang.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, pendampingan dan pengecekan ini sesuai instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Serta menyatakan komitmen Polri dalam mendukung gelaran FIFA World Cup U-20 Indonesia 2023 dalam bidang pengamanan pertandingan sepak bola.

“Kami berkomitmen bahwa Polri akan terus melaksanakan peningkatan kualitas dari pengamanan. Khususnya terkait dengan penyelenggaraan kompetisi besar sepak bola,” kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce saat meninjau salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Royce menjelaskan, pengecekan ini dilakukan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Lapangan THOR dan Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya. Kegiatan ini diakuinya dalam rangka mengecek kesiapan akhir stadion jelang gelaran Piala Dunia U-20 Indonesia 2023.

Dengan adanya Final Assessment, pihaknya berharap Indonesia khususnya Kota Surabaya semakin siap menjadi tuan rumah pertandingan grup Piala Dunia U-20. Kesiapan tersebut dibuktikan dengan pengecekan, diantaranya dari sisi pertandingan, infrastruktur, kesehatan dan keamanan.

“Harapannya bisa mewujudkan kompetisi sepak bola yang lebih berkualitas dan tentunya bisa membawa harum nama Indonesia di tingkat internasional,” harapnya.

Ditambahkannya, main venue Piala Dunia U-20 nantinya akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun Final Assessment ini dilakukan juga di Stadion di Surabaya. Dengan melibatkan pihak Kepolisian dan seluruh pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan kompetisi sepak bola.

Rombongan Assessment, masih kata Royce, mengambil start dari Gelora Bung Tomo Surabaya. Kemudian dilanjutkan menuju Lapangan THOR Surabaya dan ditutup di Stadion 10 Nopember Tambaksari Surabaya.

“Upaya ini merupakan keseriusan Polri dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan soal manajemen pengamanan stadion telah ditunjuk. Khususnya dalam even maupun pertandingan sepak bola,” pungkasnya. [bed.bb]

Tags: