Polrestabes Surabaya Gelar Razia Tiga C

motorSurabaya, Bhirawa
Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan yang ditandai dengan kegiatan malam seperti tarawih, serta sahur. Membuat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Surabaya akan lakukan giat razia kasus 3C (Curas, Curat dan Curanmor), untuk menekan angka kriminalitas saat Bulan Ramdhan.
Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sumaryono mengatakan, jelang Bulan Suci Ramadhan, pihaknya akan laksanakan operasi rutin dalam langka menekan kasus 3C. Ini dilakukan untuk menekan tindak kriminalitas yang paling banyak terjadi pada saat menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.
“Jelang Bulan Ramadhan, kita akan laksanakan operasi rutin. Nantinya aka nada posko-posko Polisi yang siaga, sesuai dengan prosedur tetap (Protap),” terang AKBP Sumaryono, Kamis (5/6).
Terkait daerah-daerah yang akan dioperasi, Kasatreskrim menjelaskan, operasi akan dilakukan di titik-titik atau wilayah yang dianggap rawan akan tindak kriminalitas. Menurutnya, mungkin titik-titik rawan ini aka nada perubahan, sesuai dengan tingkat kriminalitas dan angka kejahatan yang tinggi di wilayah tersebut .
Disinggung adakah razia terhadap petasan yang kian marak saat Ramadhan, ditegaskannya, nantinya akan ada keseimbangan dan antisipasi terhadap kasus kriminalitas dan peredaran petasan saat lebaran. Tak hanya itu, operasi juga kemungkinan dilakukan pada peredaran miras.
“Pastinya, saat Ramadhan pihak kami akan menjaga wilayah Surabaya dari segala bentuk tindak kriminalitas yang ada,” tegasnya.
Sebelumnya, Polsek jajaran Polrestabes Surabaya yakni Polsek Tandes, telah menghimbau dan melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap tindak kriminalitas saat Bulan Ramadhan. Salah satunya dilakukan dengan memberikan imbauan pada minimarket yang buka 24 jam untuk meningkatkan kewaspadaan.
Imbauan ini dilakukan oleh petugas patroli Sabhara Polsek Tandes dengan mengunjungi langsung sejumlah minimarket yang ada di wilayah Kecamatan Tandes, Surabaya. Dalam patroli itu, petugas mengimbau pada pengelola minimarket untuk lebih waspada dan secara berkala melakukan pengecekan terhadap CCTV ataupun menambah pengamanan bentuk lain.
“Selain pasang CCTV, pengelola minimarket kita harapkan ada memiliki pengamanan tambahan sendiri,” kata anggota Patroli Sabhara Polsek Tandes, Aiptu Widodo.
Aiptu Widodo menyarankan, CCTV tidak hanya dipasang di luar, namun sebaiknya juga ditempatkan di dalam agar siapa pun pengunjung yang datang dapat diketahui aktivitasnya mulai dari datang dan saat berada di dalam. Selain itu juga harus dilakukan pengecekan berkala apakah CCTV-nya masih merekam dengan baik atau tidak. Sebab, aksi kejahatan terhadap minimarket dapat terjadi setiap saat dan setiap ada kesempatan. [bed]

Tags: