Polsek Rengel Tuban Sebar Kentongan ke Kades

Kapolsek Rengel, AKP Musa Bakhtiar saat menyerahkan kentongan ada camat, Danramil serta Kades se Kecamatan Rengel Tuban. (Khoirul Huda/bhirawa)

Kapolsek Rengel, AKP Musa Bakhtiar saat menyerahkan kentongan ada camat, Danramil serta Kades se Kecamatan Rengel Tuban. (Khoirul Huda/bhirawa)

Tuban, Bhirawa
Pada tahun 70-an, sistem informasi pemerintahan dan pengendali keamanan lingkungan di desa sebagian besar menggunakan alat tradisional yang terbuat dari kayu, bambu, atau yang kita kenal dengan kentongan sebagai penyambung informasi.
Sebagian besar masyarakat di desa memahami pertanda bahaya atau hal lain, ketika ada suara kentongan dari pusat pemerintahan (balai desa) atau rumah seorang kepala desa (Kades), yang disambung atau diteruskan melalui kentongan pula yang sudah tersedia di setiap gardu atau pos kamling.
Karena dirasa efektif dan membangkitkan rasa kebersamaan dengan kembali secara rutin melakukan ronda, kepolisian sektor (Polsek) Rengel Kabupaten Tuban beberapa hari yang lalu (19/2) membagikan kentongan kepada para Kades yang ada di Kecamatan tersebut.
“Kita ingin kembali membangkitkan rasa kebersamaan, serta mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan menghidupkan lagi pos kamling yang ada di sekitar mereka,” terang AKP Musa Bakhtiar, Kapolsek Rengel, Polres Tuban (21/2).
Penyerahan kentongan pada Camat dan Kades dalam Gerakan Peduli Lingkungan tersebut juga sebagai upaya agar budaya ketimuran, seperti kepedulian terhadap tetangga tidak hilang. “Dengan peduli lingkungan, semua aktivitas ataupun hal-hal yang mencurigakan dapat dideteksi sejak dini. Selain itu kegiatan ini sebagai langkah antisipasi terkikisnya budaya seperti saling tegur sapa maupun kepedulian terhadap tetangga di kalangan masyarakat,” terang Kapolsek Rengel.
Camat Rengel yang juga datang pada saat itu memberikan apresiasi terhadap program Gerakan Peduli Lingkungan yang dicanangkan oleh pihak Kepolisian. Ia berharap kepada masyarakat untuk ikut mewujudkan kepedulian itu demi menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan.
“Kita akan meminta kepada para Kades (Kepada Desa) untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Ini bukan hanya langkah kita dari aparat saja, tapi masyarakat juga harus ada kepedulian untuk menjaga lingkungan masing-masing,” kata¬† M Mahmud, Camat Rengel, Tuban.
Dijelaskan pula, jika kerawanan ditengah-tengah lingkungan selalu di waspadai bersama serta adanya kepedulian terhadap sesama kemungkinan kecil hal-hal yang tidak diinginkan bersama seperti tindak kriminal, bencana alam, kecil kemungkinan terjadi.
“Intinya kewaspadaan terhadap semua hal yang mengenai hidup dan kehidupan masyarakat harus kita jaga bersama, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan bersama juga,” terang M Mahmud Camat Rengel Tuaban. [hud]

Tags: