Pondasi Tergerus Arus Sungai, Jembatan Kweden di Kabupaten Nganjuk Putus

Jembatan Kweden Kecamatan Ngetos putus akibat pondasi runtuh tergerus arus Sungai Kuncir.(ristika/bhirawa)

Nganjuk, Bhirawa
Jembatan yang merupakan akses utama antara Desa Dweden Kecamatan Ngetos dengan Desa Salamrojo Kecamatan Berbek putus. Meski tidak ada korban jiwa, namun akses ekonomi kedua desa terputus dan memaksa warga memilih jalan memutar sejauh 5 kilometer.

Jembatan dengan panjang 30 meter dan lebar 5 meter itu putus pada sisi barat sepanjang 15 meter. Putusnya jembatan yang berada di Dusun Jawuh Desa Kweden tersebut terjadi tengah malam sekitar pukul 22.45. Karena kondisi jalan sepi, sehingga tidak ada kortban jiwa.

“Akibat jembatan putus ini, warga Dusun Jawuh, Dusun Tapan dan Dusun Pandansili di Desa Kweden terpaksa menggunakan jalur alternatif lewat Desa Kuncir Kecamatan Ngetos dan Desa Kebonagung Kecamatan Sawahan,” Kata Burhan, warga setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo mengatakan, terkait putusnya jembatan Desa Kweden, Dinas PUPR secepatnya memasang jembatan bailey. Hal itu supaya akses warga dua kecamatan tidak terganggu, sementara jembatan utama dibangun. “Insya Allah secepatnya kita akan mobilisasi jembatan bailey. Jadi sekarang administrasinya kita penuhi, ini tadi kita sudah koordinasi dengan Balai Besar dan Bina Marga Jawa Timur, insyaallah ready jembatannya,” ujar Gunawan Widagdo.

Menurut Gunawan Widagdo, jembatan Desa Kweden yang berada di Dusun Jawuh, sudah delapan tahun tidak mengalami perawatan atau rehab. Dugaan sementara jembatan tersebut putus karena usia teknis yang sudah lama. Selain itu, pondasi jembatan juga rusak akibat tergerus arus Sungai Kuncir yang akhir-akhir ini sering meluap karena curah hujan yang tinggi. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini. “Kurang lebih delapan tahun jembatan Kweden ini belum pernah direhab. Apalagi tanah bawah pondasi jembatan juga tergerus aliran sungai,” ungkap Gunawan Widagdo.

Meski jembatan kweden merupakan jalan utama, tetapi karena putus, Polisi menutup akses jalan tersebut dengan memasang garis Polisi. Selain itu warga juga meletakkan papan dan bangku panjang di di ujung jalan untuk menghalangi agar tidak ada orang maupun kendaraan yang melintas.(ris)

Tags: