Potong Tumpeng, Jokowi Mulai Kampanye Pilpres

2UO4Vxm0ctJakarta, Bhirawa
Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai kampanye pemilihan presiden dengan pemotongan tumpeng dalam rapat internal di markas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
“Pemotongan tumpeng sebagai tanda dimulainya kampanye capres pertama,” kata Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo di Lenteng Agung, Rabu.
Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri dan potongan pertama diberikan pada Jokowi kemudian diberikan pada Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Puan Maharani, beberapa politisi PDIP seperti Ganjar Pranowo, serta Teras Narang, Surabaya Tri Rismaharini, Sidarto Danusubroto, serta dua perwakilan anak yatim.
“Setelah itu besok Ibu Mega akan berkampanye terbuka di Papua bersama Jokowi di Wamena dan Jayapura,” kata Tjahjo.
Sementara itu, cawapres Jusuf Kalla akan berkampanye terbuka di Aceh lalu dilanjutkan ke Sulawesi Utara.
Sementara Jokowi akan melanjutkan ke Sumatera Utara dan Kepulauan Riau.
“Mudah-mudahan dalam waktu singkat di sela-sela lima hari kerja untuk hadir debat ini, sisanya Jokowi-JK terus berkeliling supaya bisa bersentuhan dengan masyarakat pemilih,” katany.
Bulan Juni yang juga bertepatan dengan Bulan Bung Karno akan digunakan pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK berziarah ke makam Soekarno di Blitar.
Doa Ratusan Ulama
Sementara ratusan ulama pesantren ikut mendoakan calon wakil presiden Jusuf Kalla dalam kampanye perdananya di acara Silahturahim Ulama Pesantren, di Jakarta, Rabu.
“Ini kampanye sekaligus selamatan, sekaligus doa dengan para ulama. Kita mulai kampanye dengan bertemu para ulama supaya mendapat rahmat lebih baik melalui doa,” ujar JK di sela-sela acara Silahturahmi Ulama Pesantren, di Jakarta, Rabu.
JK yang dalam kesempatan itu hadir didampingi sejumlah pendukungnya, seperti Nusron Wahid, Hasyim Muzadi, Alwi Shihab dan Abdul Kadir Karding, mengaku bersyukur banyak alim ulama yang mendukungnya maju dalam bursa Pilpres 2014 bersama capres Joko Widodo.
Bagi JK, alim ulama merupakan pewaris nabi, dan doanya dapat memberikan kekuatan jiwa lahir-batin untuk menjalani proses Pilpres.
“Dengan kyai-kyai berkumpul disini (mendoakan) alhamdulillah, karena tentu tidak cukup waktu kampanye untuk mendatangi seluruh pondok pesantren di Indonesia,” kata JK.
Pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla memutuskan mengawali kampanye perdananya di Jakarta terlebih dulu. Selanjutnya kedua tokoh itu akan bertolak ke luar kota, di mana JK akan ke Aceh, sementara Joko Widodo ke Papua.
Kampanye capres-cawapres dijadwalkan berlangsung pada 4 Juni-5 Juli 2014. KPU mengharapkan pasangan capres-cawapres dapat memaksimalkan waktu kampanye yang telah diberikan dengan baik dan damai. [ant]
Selain pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, maka Pilpres juga diikuti pasangan capres Prabowo Subianto- Hatta Rajasa. [ant.ira]

Tags: