Profesionalitas Prajurit Kodim Surabaya Utara Dibuktikan Melalui Latihan Menembak

Prajurit Kodim 0830/SU mengasah kemampuan menembak senjata api, Rabu (15/5). [Abednego/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa.
Kodim 0830/Surabaya Utara terus meningkatkan profesionalitas tiap-tiap prajurit jajarannya. Salah satunya dengan menguji keterampilan menembak prajurit dalam latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) atau senjata api (senpi) Semester I Tahun 2024, Rabu (15/5).

Bertempat di Lapangan Tembak M. Sabirin Mochtar Yonif Raider 500/Sikatan, latihan menembak senjata ringan ini 161 personel. Ratusan personel, mulai Perwira, Bintara dan Tamtama ini terdiri dari 148 penembak senapan dan 13 penembak pistol.

“Keterampilan dan kecakapan menembak personel jajaran ini diuji menggunakan pistol jenis P1 Pindad dan senjata laras panjang model SS1-V1 sesuai dengan indek jabatan masing-masing,” kata komandan latihan, Mayor Inf Heri Susanto.

Di bawah koordinator Seksi Operasi Kodim 0830/Surabaya Utara, lanjut Heri, latihan menembak ini merupakan bagian dari Program Kerja Bidang Latihan dan Pembinaan Satuan Kodim 0830/Surabaya Utara Semester I TA. 2024. Anggota harus dapat memahami teknik dan taktik menembak dan karakteristik senjata yang digunakan.

“Meningkatkan kemampuan menembak senjata laras panjang dan pistol dilakukan untuj tingkat perorangan. Yakni sesuai TOP atau DSPP yang berlaku,” tegasnya.

Ditambahkannya, latihan menembak ini harus mengutamakan faktor keamanan dan Nabitepi (nafas bidik tekan picu) untuk mendapatkan hasil tembakan yang maksimal. Dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit Kodim 0830/Surabaya Utara dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dan mutlak dimiliki oleh seorang prajurit TNI AD, Khususnya Prajurit Kodim 0830/Surabaya Utara. Tujuannya untuk mengasah keterampilan tempur dan profesionalisme prajurit demi mempertahankan NKRI,” pungkasnya. [Bed.gat]

Tags: