Program PTSL, Selamatkan Warga dari Sang Tuan tanah

Program pemerintahan dengan pembagian sertifikat tanah gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diakui sangat membantu rakyat terkait legalitas tanah. Pasalnya pelayanan sertifikasi dibuat seperti jemput bola dengan pusat pengelolaan dan sistem di setiap kantor kelurahan di setiap daerah hal ini dilakukan untuk mengelola dan mengurus kepentingan sertifikat di dalam satu lingkungan secara menyeluruh secara bertahap.
Sengketa lahan yang selama ini marak di berbagai desa, terutama di Desa Bangun Kecamatan pungging Kabupaten Sdoarjo. Dengan adanya program PTSL ini warga Desa Bangun merasa sangat beruntung dengan adanya program tersebut . Dari dulu hingga sekarang, warga dusun Bangun, dusun kalitengah dan dusun Ploso yang ada di desa Bangun masih sangat sedikit yang memiliki sertifikat lahan. Oleh karena tidak sedikit lahan yang terjual dengan harga semestinya. Sang Tuan Tanah lah satu-satunya orang yang selama ini berhak menguasai lahan tersebut dengan harga jual yang tidak sebanding .
Dokumen terkait yang sudah diserahkan ke BPN Mojokerto dengan sebenar-benarnya . Mereka sangat berharap bisa mensertifikatkan tanahnya melalui program sertifikasi gratis ini. Kuota Kabupaten Mojokerto tahun ini untuk program PTSL sebanyak 51.000 bidang yang tersebar di delapan kecamatan yang meliputi Kecamatan DawarbLandong, Ngoro, Jetis, Pungging, Kutorejo, Sooko, Mojosari dan Kecamatan Bangsal. Kegelisahan warga mengenai harga lahan yang mereka miliki kini sudah redah, juga tidak takut lagi terjual murah oleh sang Tuan Tanah.

Firda kristianah
Program studi Administrasi publik Universitas muhammadiyah sidoarjo

Tags: