Provinsi Jawa Timur Sabet Tiga Penghargaan Bidang Peternakan

Mentan RI, Syahrul Yasin LimpoMentan RI berfoto dengan Kadisnak Jatim Wemmi Niamawati didampingi dua paramedik yang meraih penghargaan dan Kepala UPT IB Disnak Jatim, Iswahyudi Parso, di Jakarta.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Provinsi Jawa Timur kembali sabet penghargaan dari Kementerian Pertanian dibidang peternakan, tidak tanggung-tanggung langsung menyabet tiga penghargaan sekaligus pada Rabu (11/21), di Jakarta.
Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Wemmi Niamawati mengatakan, penghargaan itu berupa Juara 1 Tingkat Nasional atas Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah Wilayah Dominan Inseminasi Buatan (IB).
Menurutnya, Jatim memang layak mendapat pengharaan ini karena pada th 2019 mampu melalukan kawin suntik pada sapi sebanyak 1.710.000 ekor (131%) dari target Nasional sebanyak 1.300.000 ekor, dengan angka kebuntingan 1.025.000 ekor dan kelahiran 1.021.000 ekor.
Selain itu, inseminasi buatan atau yang lebih di kenal dengan kawin suntik pada sapi adalah salah satu teknology reproduksi untuk peningkatan populasi sapi.
“Di Jatim terdapat 1.438 orang petugas kawin suntik (inseminator atau paramedik IB) yang masing-masing bekerja di SPIB (satuan pelayanan inseminasi buatan). SPIB di Jatim ada 1.438 buah,” katanya.
Selain meraih Juara 1 Tingkat Nasional atas Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah Wilayah Dominan Inseminasi Buatan (IB), Jatim juga meraih Juara 1 Paramedik Veteriner Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) tingkat Nasional untuk petugas Kabupaten Pasuruan an, Sidi mampu malakukan pemeriksaan kebuntingan rata-rata 50 ekor tiap hari atau 18.250 ekor satu tahunnya
Dan selain itu juga meraih Juara 2 untuk Paramedik Veteriner Inseminasi Buatan (IB) tingkat Nasional untuk petugas kab Bondowoso an SUPNANDAR dengan prestasi mampu melakukan pelayanan kawin suntik rata-rata 40 ekor tiap hari atau 14.600 ekor satu tahunya. [rac]

Tags: