Prudential Dukung OJK Tingkatkan Literasi Keuangan

PT Prudential Life Assurance sangat mendukung program edukasi dan literasi keuangan yang digagas OJK. Caranya dengan mengoperasikan Mobil Literasi and Edukasi Keuangan (SiMOLEK).

PT Prudential Life Assurance sangat mendukung program edukasi dan literasi keuangan yang digagas OJK. Caranya dengan mengoperasikan Mobil Literasi and Edukasi Keuangan (SiMOLEK).

Surabaya, Bhirawa
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali mendukung program edukasi dan literasi keuangan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Caranya dengan mengoperasikan Mobil Literasi and Edukasi Keuangan (SiMOLEK) di Jakarta dan Surabaya pada 19 – 24 Desember 2016, serta di Medan pada 26 – 30 Desember 2016.
Empat mobil SiMOLEK yang dioperasikan Prudential Indonesia akan tersebar di lebih dari 60 pusat keramaian di tiga kota terbesar di Indonesia tersebut dan diperkirakan meningkatkan pengetahuan literasi keuangan lebih dari 3.000 masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan operasional SiMOLEK untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang merata.
“Kami mendukung dan berperan serta dalam program edukasi yang diselenggarakan OJK untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap literasi keuangan. Kami menyadari program edukasi literasi keuangan masih belum merata di masyarakat, dan oleh karena itu membutuhkan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan program ini. Kami mendukung pengoperasian SiMOLEK dan optimistis bahwa inisiatif ini dapat mendorong tumbuhnya kesadaran dan penggunaan produk dan jasa keuangan,” kata Presiden Direktur PT Prudential Life Assurance, Jens Reisch, Selasa (27/12).
SiMOLEK, yang dioperasikan oleh Prudential, kata Jens, dilengkapi dengan berbagai fitur, fasilitas dan materi edukasi keuangan mengenai produk, layanan dan lembaga jasa keuangan. Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui tentang cara pengaduan, pelaporan, atau pertanyaan ke Layanan Konsumen OJK. Melalui edukasi ini, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi keuangan dan mendorong serta meningkatkan minat masyarakat menggunakan produk dan jasa keuangan. Selain itu, edukasi melalui SiMOLEK dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.
Selain melakukan kegiatan edukasi serta sosialiasi mengenai literasi keuangan, SiMOLEK bersamasama dengan Prudential Indonesia juga memberikan pemahaman akan pentingnya memiliki perlindungan asuransi, termasuk memperkenalkan produk-produk Prudential serta menampung berbagai pertanyaan terkait asuransi jiwa.
Prudential Indonesia sangat optimis dengan potensi pasar asuransi jiwa di Indonesia mengingat jumlah penduduk terbesar di Asean, pertumbuhan kelas menengah yang begitu pesat, serta banyaknya jumlah UMKM yang terus tumbuh. Namun kenyataannya saat ini tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data OJK, September 2016, tingkat penetrasi industri asuransi jiwa baru mencapai 2,52 persen berbanding jumlah penduduk Indonesia 257 juta.
“Tingkat pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap asuransi dan keterbatasan aksesibilitas serta distribusi produk asuransi di tengah-tengah masyarakat adalah beberapa faktor penyebab angka penetrasi asuransi yang masih rendah. SiMOLEK menjadi kesempatan bagi kami untuk turut berpartisipasi meningkatkan pemahaman masyarakat tentang asuransi,” tambah Jens.
Partisipasi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, termasuk pihak swasta dalam literasi dan inklusi keuangan diharapkan semakin memperluas akses informasi dan pemahaman masyarakat akan produk dan layanan yang ditawarkan lembaga jasa keuangan.
Prudential Indonesia telah menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan hampir sepanjang perusahaan didirikan 21 tahun yang lalu. Sejak tahun 2014, program-program tanggung jawab sosial Prudential Indonesia telah berhasil menyentuh lebih dari sejuta jiwa. [iib]

Tags: