Prudential Dukung Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Timur Indonesia

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda jadi komitmen Prudential Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah timur Indonesia.

Surabaya, Bhirawa
Di tengah pandemi Covid-19, Prudential Indonesia tetap berkomitmen menciptakan pengusaha muda baru yang tangguh dan profesional di Papua. Dengan dibantu Prestasi Junior Indonesia (PJI), melaksanakan inagurasi kepada 40 calon pengusaha muda peserta program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang kedua.

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini merupakan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi kaum muda Papua berusia 18-35 tahun. Program ini bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia, di bawah pilar Pemberdayaan Indonesia Timur bertujuan untuk memberdayakan dan mensejahterakan komunitas lokal di Papua.

Program menerapkan kurikulum internasional yang secara khusus telah disesuaikan untuk masyarakat di Papua. Dan memasuki gelombang kedua, Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah dimulai sejak 15 Desember 2020 dan akan berjalan hingga Juni 2022.

Sharia Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo mengatakan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang kini memasuki gelombang kedua merupakan wujud komitmen kami untuk membangun ekonomi di wilayah timur Indonesia. Di gelombang pertama, Prudential Indonesia berhasil menciptakan 33 pengusaha muda asal Papua yang memiliki komitmen berwirausaha yang luar biasa.

“Kini mereka telah berhasil mengembangkan usahanya lebih jauh lagi dan mengambil peran aktif sebagai pendorong perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” terangnya, Rabu (23/6).

Nini menambahkan program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh kaum muda Papua untuk memulai dan berhasil menjalankan bisnis mereka sendiri, serta sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat memperoleh yang terbaik dalam kehidupan.

Sementara memasuki gelombang kedua, program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah berhasil menyeleksi 40 calon pengusaha muda lokal yang potensial dari total 282 peserta yang telah mendaftar.

Selain program pelatihan dan pendampingan, peserta juga diberi kesempatan untuk memperluas jejaring mereka melalui forum-forum pertemuan dengan pengusaha yang difasilitasi oleh Prudential Indonesia dan PJI.

“Metode pelatihan secara daring justru memungkinkan para peserta program yang berada di Jayapura untuk dapat menggali ilmu dari para mentor bisnis yang mempunyai reputasi di tingkat nasional,” ujar Nini.

Pada penyelenggaraan yang kedua ini, pihaknya melihat adanya peningkatan minat dari kaum muda Papua untuk berpartisipasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya seperti budidaya sayuran dan ikan, peternakan dan kursus Bahasa Inggris.

“Untuk merespons tingginya minat terhadap program ini, kami kembali memberikan kesempatan kepada anak muda Papua yang ada di lima distrik Kota Jayapura, yaitu Abepura, Heram, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, dan Muara Tami, serta memperluas jangkauan wilayah program dengan penambahan dua distrik baru di Kabupaten Jayapura, yakni Sentani dan Sentani Timur,” jelas Nini.

Tidak hanya itu, guna menunjang proses persiapan operasi bisnis, para peserta program telah mengikuti rangkaian pelatihan awal, meliputi ‘Self Awareness Training’ untuk mendorong pengenalan potensi diri dan potensi lokal, ‘Financial Literacy Training’ untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pengelolaan keuangan, ‘Business Preparation Workshop’ untuk membangun semangat kewirausahaan, dan ‘Business Model Workshop’ sebagai pelatihan untuk menyusun strategi bisnis yang akan dikembangkan. Selain itu, mereka juga diajak mengoptimalkan penggunaan platform digital dalam bisnis, terlebih di tengah pandemi COVID-19, melalui ‘Digital Marketing Training’. [riq]

Tags: