PT Empang Kuningan Kabupaten Situbondo Salurkan CSR Selama 31 Tahun

Tambak budidaya ikan milik PT Empang Kuningan yang ada di Desa Duwet Kecamatan Panarukan Situbondo aktif menyalurkan CSR selama 31 tahun. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Sebagai salah satu investor di bidang budidaya tambak ikan di Kota Santri Situbondo, PT Empang Kuningan dikenal paling aktif menyalurkan dana bantuan CSR (coorporate social responsibility) sejak berdiri tahun 1990 silam. Artinya, perusahaan yang juga intens memberikan kontribusi besar pada pajak daerah dan peningkatan asli daerah (PAD) Situbondo itu sudah berhasil menyalurkan dana CSR selama 31 tahun lamanya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Situbondo, RBH Fathorrahman MA, mengatakan, bantuan dana CSR PT Embung Kuningan Situbondo diberikan kepada sejumlah kalangan. Diantaranya, sebut Fathorrahman, diberikan kepada karyawan saat ada SHU (sisa hasil usaha) yang sebagian disalurkan berupa bonus. “Tentunya pemberian CSR itu selain upah atau gaji yang sudah disepakati,” jelas Fathorrahman.

Masih kata Fathorrahman, ada sejumlah persyaratan agar karyawan PT Embung Kuningan mendapatkan CSR. Diantaranya, aku dia, karyawan yang menetap di tambak dengan penyediaan sarana mess, pangan dan sarana transportasi sesuai dengan kemampuan.

Lalu, sambung pria yang juga Ketua BKNU Cabang Situbondo, perusahaan juga menyediakan tempat ibadah bagi yang beragama Islam.”Perusahaan ini juga menyediakan kamar mandi/WC serta tempat menjemur pakaian yang memadai,” ujar Fathorrahman.

Selanjutnya, tutur Fathorrahman, PT Embung Kuningan juga menyalurkan CSR kepada masyarakat sekitar/Desa setempat yang diterima seluruh warga/keluarga yang ada di dua Dusun. Fathorrahman menambahkan, warga Dusun Gugur dan Dusun Paras yang berjumlah 245 KK juga menerima zakat mal dari perusahaan saat menjelang idul fitri.

“PT Embung Kuningan juga aktif dalam perayaan lokal (hajatan warga) di dua Dusun serta memperbaiki jalan menuju tambak pada musim penghujan. Terakhir juga aktif mengadakan ruwatan lahan setiap bulan yang merupakan kearifan lokal dan keyakinan warga serta mengikuti perayaan PHBI/Nasional yang ada di Desa Duwet,” beber Fathorrahman.

Tak cukup itu, tegas Fathor-panggilan akrab Fathorrahman, PT Embung Kuningan juga aktif menyalurkan dana CSR di tingkat Kecamatan yang diterima dua orang tenaga keamanan luar (purawairawa anggota Mapolsek Panarukan) serta menyalurkan bantuan materi saat pada saat peringatan hari nasional kepada Forkopimda.

Terakhir, imbuh Fathor, PT Embung Kuningan juga memberikan CSR kepada Kabupaten/Regional berupa partisipasi HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan Harjakasi (Hari Jadi Kabupaten Situbondo) sejak tahun 2015 silam yang dikoordinir oleh Diskan Kabupaten Situbondo.

“Sejak tahun 2012, PT Embung Kuningan juga sering memberikan CSR kepada kelompok pemerhati lingkungan Gina Lestari dengan pola penanaman pohon mangrove yang dipandu Diskan Kabupaten Situbondo,” pungkas Fathor.[awi]

Tags: