PT ISS Menangkan Tender Parkir Tepi Jalan

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali

Sidoarjo, Bhirawa.
PT Indonesia Sarana Service-KSO (ISS) menang dalam tender pengelolaan parkir tepi jalan dengan nilai kontrak Rp 32.09 Miliar dalam lelang terbuka yang digelar di Ruang Rapat Delta Karya, Kamis (27/01) pagi hingga siang tadi.

Ketua Panitia Lelang, Yugo Adi Prabowo menjelaskan, lelang ini dilakukan dengan mekanisme penawaran terbuka yang dilakukan oleh tiga perusahaan peserta tender yang telah lolos seleksi awal.

Dijelaskannya, lelang tersebut dilakukan dalam enam sesi. Di sesi pertama para kontestan berhak mengajukan penawaran minimal sama dengan passing grade Rp 20,4 miliar. Dalam 30 menit ke depan, setiap peserta boleh menaikkan penawaran dengan angka minimal Rp 10 juta. Sesi ini ditutup dengan penawaran tertinggi sebesar Rp 20,48 Miliar yang diajukan PT ISS.

Sesi kedua dibuka dengan kenaikan penawaran maksimal Rp 50 juta dan kembali dimenangkan oleh PT ISS di angka Rp 20,84 Miliar setelah berkejar-kejaran dengan PT Prasetya Dwidharma (INKOPPOL)-KSO.

Pertarungan diantara kedua perusahaan pengelola parkir tersebut terus berlanjut di sesi ketiga yang menetapkan kenaikan minimal Rp 100 juta. Dan di tahap ini kembali ditutup PT ISS dengan penawaran tertinggi Rp 21,59 Miliar.

Sesi keempat yang menetapkan kenaikan minimal Rp 200 juta kembali dimenangkan PT ISS yang pada detik-detik terakhir mengajukan penawaran di angka Rp 22.59 Miliar untuk menjungkalkan penawaran Inkoppol.

Hanya di sesi kelima, Inkoppol tampil menjadi jawara setelah dengan yakin memasukkan angka penawaran sebesar Rp 25.09 Miliar. Di sesi ini kenaikan penawaran yang diajukan pihak peserta minimal berselisih Rp Rp 500 juta dibanding sebelumnya.

Adu penawaran paling sengit terjadi di sesi terakhir yang menetapkan nilai Rp 1 Miliar sebagai angka kenaikan minimal yang diajukan para peserta. PT ISS dan Inkoppol terus berlomba menaikkan angka penawarannya.

Di 10 menit terakhir, Inkoppol mematok angka Rp 31.09 Miliar, namun hanya berselalang bebebrapa detik kemudian PT ISS kembali menaikkan tawarannya menjadi Rp 32.09 Miliar hingga ditutupnya seluruh sesi lelang tender parkir ini.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengatakan lelang tender parkir ini akan menjadi role model bagi daerah lain karena berani dilakukan secara transparan, bahkan disiarkan secara langsung melalui platorm media sosial Youtube.

“Semua orang bisa melihat dengan jelas semua proses lelang ini. Jadi siapapun yang jadi pemenang adalah mereka yang peduli dengan Sidoarjo karena telah memberikan benefit bagi PAD Sidoarjo,” katanya.

Namun terlepas dari nilai tender yang diputus, bupati meminta pemenang lelang ini untuk menjaga komitmen kerjasama dengan Pemkab Sidoarjo dalam memberikan layanan parkir yang prima pada masyarakat. (hds.gat)

Tags: