PT Petrokimia Gresik Periksa Mata dan Beri Kacamata Gratis 130 Guru

DKU PG, Budi Wahju Soesilo (nomor tiga dari kanan) saat menghadiri Kegiatan Pemeriksaaan Mata Gratis untuk para guru dalam, Program Bhakti Guru yang digelar CSR PG. [rokim]

Gresik, Bhirawa
Kepedulian Petrokimia pada dunia pendidikan kembali diwujudkan dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis, untuk ratusan guru tingkat sekolah sekitar perusahaan. Kegiatan dikemas dalam Program Petrokimia Gresik Bhakti Guru ini digelar di RS Grha Husada, Gresik, Jawa Timur, Selasa (24/5).
Sebagaimana telah disampaikan Menteri, BUMN Erick Thohir dalam beberapa kesempatan, Program TJSL BUMN harus difokuskan pada tiga sektor yakni Pendidikan, UMKM dan Lingkungan Hidup. Maka Petrokimia Gresik sebagai perusahaan Solusi Agroindustri bagian dari BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) juga turut andil memberikan kontribusinya untuk ketiga sektor tersebut.
Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo, usai menyaksikan langsung pemeriksaan mata di Poli Mata Grha Husada menyampaikan, kondisi pandemi mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan secara online selama hampir dua tahun lamanya. Sehingga aktivitas para guru pun banyak dihabiskan di hadapan layar komputer, laptop maupun perangkat elektronik lainnya.
“Maka Petrokimia Gresik memberikan layanan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis agar kesehatan mata para guru tetap terjaga. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap berjalan optimal,” jelas Soesilo di hadapan para guru.
Sebanyak 130 guru dari 11 SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di sekitar perusahaan yang mengikuti kegiatan ini. Mereka mendapatkan pemeriksaan dari dokter spesialis mata RS Grha Husada serta kacamata sesuai dengan hasil pemeriksaan.
“Kami telah berkoordinasi dengan pihak sekolah dalam melakukan pendataan para guru, sehingga bantuan ini diterima oleh para guru yang benar – benar membutuhkan,” ujarnya.
Soesilo juga menjelaskan, kegiatan yang merupakan rangkaian Program Kampung Sehat ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Golden Anniversary Petrokimia Gresik yang jatuh pada tanggal 10 Juli mendatang, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional di Bulan Mei ini.
“Kegiatan ini menjadi wujud bakti Petrokimia Gresik terhadap para guru, karena guru merupakan lentera ilmu bagi semua anak didiknya dan menjadi penentu masa depan bangsa,” terang Soesilo.
Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Gresik, Lina Nur Aziz, mengapresiasi layanan kesehatan mata gratis yang diberikan kepada 30 guru SLB AB Kemala Bhayangkari Gresik. Karena layanan ini dapat membantu optimalisasi kegiatan di sekolah.
“Semoga layanan ini dapat ditingkatkan, sehingga penerima maanfaat semakin banyak lagi dan kegiatan pendidikan di Gresik semakin maju,” ujarnya. [kim.fen]

Tags: