PT Prima Mina Sakti Utama Sambut Kunjungan Tim Pengawas Perikanan

Suasana budidaya tambak ikan milik PT Prima Mina Sakti Utama Sukorejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo Rabu (24/2). [sawawi/bhirawa]

Melakukan Pengawasan Kegiatan Usaha Pembudidayaan Tambak Ikan
Situbondo, Bhirawa
PT Prima Mina Sakti Utama, salah satu pembudidaya tambak ikan yang terletak di Sukorejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo menyambut antusias atas kunjungan Pengawas Perikanan Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Benoa, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Rabu (24/2). Tim ini dipimpin Kristian Hadi Suryo Saputro dan Ilman Hadiwiyatno. Keduanya menjabat sebagai Pengawas Perikanan.

PT Prima Mina Sakti Utama Situbondo, salah satu budidaya tambak ikan mendapatkan giliran dikunjungi dua Pengawas Perikanan dengan membawa surat tugas yang ditandatangani Tangguh Toranaga sebagai Koordinator Satwas PSDKP Banyuwangi dengan atas nama Kepala Pangkalan PSDKP Benoa pada 22 Pebruari 2021. Dalam surat itu, PT Prima Mina Sakti Utama diminta untuk melayani kegiatan pengawasan kegiatan usaha pembudidayaan tambak ikan di Kabupaten Situbondo. Penanggungjawab PT Prima Mina Sakti Utama memahami dan siap untuk mematuhi rekomendasi Pengawas Perikanan PSDKP Benoa.

Sementara itu Kepala Seksi Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, RBH Fathorrahman, mengatakan, dalam kunjungan Pengawas Perikanan PSDKP Benoa tersebut disana mencantumkan dua tugas utama. Diantaranya, sebut Fathorrahman, melaksanakan pengawasan kegiatan usaha pembudidayaan ikan di Kabupaten Situbondo. Lalu tugas kedua, jelas dia lagi, Pengawas Perikanan melakukan penyampaian laporan (kegiatan dan pertanggungjawaban kuangan) kepada Kepala Pangkalan. “Disana juga disebutkan biaya yang terkait pelaksanaan tugas dibebankan kepada DIPA Pangkalan Pengawasan SDKP Benoa tahuan anggaran 2021,” beber Fathorrahman.

Menyikapi hasil kunjungan Pengawas Perikanan yang ditugasi PSDKP Benoa itu, imbuh Fathorrahman, PT Prima Mina Sakti Utama Situbondo berkomitmen untuk secepatnya memenuhi kelengkapan dokumen perijinan tambak ikan yang belum lengkap. Bahkan, aku Fathorrahman, jika pihak tambak tidak melengkapi dokumen perijinan tersebut, sangat siap ditindak sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Perikanan yang berlaku. “Kesanggupan ini sudah dinyatakan pengelola tambak. Ini pertanda pembudidaya tambak ikan di Kabupaten Situbondo sangat konsisten mengikuti arahan dan saran dari Pengawas Perikanan PSDKP Benoa,” urai Fathorrahman.

Fathorrahman kembali menimpali, upaya dan konsistensi PT Prima Mina Sakti Utama Situbondo sebagai salah satu pembudidaya tambak ikan di Situbondo patut untuk didukung. Itu karena, sebut pria yang juga menjabat Kasi Pengolahan Hasil Perikanan dan Kasi Pengendalian Sumberdaya Perairan itu, PT Prima Mina Sakti Utama mempu memberikan kontribusi besar bagi PAD Kabupaten Situbondo. “Selain itu PT Prima Mina Sakti Utama Situbondo juga aktif membayar pajak air bawah tanah dan PBB,” pungkas Fathorrahman. [awi]

Tags: