PT SI Aktif Jemput Bola, Lakukan Pengobatan Gratis Warga Ring 1

26-semen-indonesiaTuban, Bhirawa
Kesehatan dan jaminan kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara. Oleh karena itu, salah satu perusahaan milik negara atau badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak pada bidang semen dalam hal ini PT Semen Indonesia Tbk (PT SI),  Selasa (25/3) kemarin adakan pengobatan gratis untuk ratusan warga Desa Temaji Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.
Pengobatan gratis melalui program Corporate Social Responcibility (CSR) yang rutin dilakukan seminggu sekali di sejumlah wilayah yang masuk pada Ring 1 PT SI ini sebagai bentuk tanggungjawab sosial kepada warga sekitar dengan dibantu Tim Medis dari Puskesmas terdekat.
“Alhamdulillah, bisa berobat gratis, tiga bulan kemarin juga saya berobat gratis di balai desa ini,” kata Kamijan Salah satu Warga Desa Temaji Jenu saat dikonfirmasi Bhirawa, Selasa  (25/3).
Pengobatan yang dimulai pukul 09.00 Wib ini dipenuhi oleh sebagian besar warga yang berusia lanjut atau lansia. Dari data yang dapat dihimpun Bhirawa dari perangkat desa setempat, sedikitnya terdapat 170 Warga yang berobat secara gratis pada tim medis PT SI.
“Sebagian besar gangguan kesehatan yang dieluhkan masyarakat adalah penyakit-penyakit ringan, jika memang dalam pemeriksaan ada indikasi lain kami komunikasikan dengan Puskesmas setempat yang bergabung bersama kami hari ini,” kata dr  Mimin Roichana Tim Medis dari PT SI.
Seluruh warga mendapat pemeriksaan gratis, meliputi pemeriksaan denyut jantung, tensi (tekanan darah) dan pemeriksaan pada mata. Selanjutnya warga akan mendapatkan obat, vitamin maupun injeksi sesuai indikasi yang didapatkan dalam pemeriksaan.
“Kalau vitamin pasti kami berikan mas, sedangkan untuk obat lainya kami sesuaikan dengan indikasinya,” terang dr  Mimin.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Temaji Eko Setyo Cahyono saat dikonfirmasi terkait dari kegiatan sosial dari PT SI ini mengaku senang dan berterima kasih warganya dapat pengobatan gratis secara rutin dari PT SI.
“Semakin tahun warga kami yang berobat semakin berkurang. Alhamdulillah, artinya warga kami saat ini semakin sehat. Kita tidak berharap sakit, akan tetapi kalau bisa dua bulan sekali, karena padukuhan kami banyak dan jauh. Kami berharap PT SI bisa menyediakan kendaraan untuk menjemput, atau tim medis yang datang ke dusun-dusun di wilayah kami,” harap Kades Eko Setyo Cahyono.
Menanggapi permintan Kades Temaji, Harry Subagyo Kepala Biro Humas & CSR PT SI mengaku akan mengkaji permintaan dan masukan dari Kades Temaji.
“Yang pasti kita iku senang kalau warga yang sakit semakin berkurang, terkait dengan hal itu, kami akan mengkaji, karena saat ini PT SI masih menata sistem dan program pasca perubahan nama perusahaan,” pungkas Harry Subagyo saat dikonfirmasi, Selasa  (25/3).  [hud]

Tags: