PTN Harus Perbanyak Kalaborasi

Penandatanganan MoU untuk saling berkalaborasi sejumlah PTN.

Kota Malang, Bhirawa
Perguruan Tinggi Negeri (PTN) perlu meningkatkan kolaborasi dan meninggalkan kompetisi guna dapat melakukan banyak hal. Salah satunya posisi pemeringkatan antar perguruan tinggi tidak akan terlalu jauh.
Dekan FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr Falih Suaedi Drs MSi, saat penandatangan kerjasama antara FISIP – UB, FISIP – Unair, dan FISIP Universitas Wijaya Putra. Kegiatan itu berlangsung di lantai 7, Gedung B FISIP – UB, akhir pekan kemarin, mengemukakan, kalaborasi PTN sangat dibutuhkan.
Falih juga menjelaskan, negara tetangga sudah melakukan hal itu, sehingga peringkat PTN di negara itu tidak terlalu jauh. ”Kalau disini satu, dua, tiga PTN peringkatnya tinggi, sedang lainnya jauh di bawah,” ujarnya.
Selain kerjasama antar PTN, Fatih juga menyebutkan potensi besar yang dimiliki pondok pesantren (Ponpes). Lembaga pendidikan agama itu jumlahnya banyak dengan santri yang besar, termasuk di Jawa Timur gudangnya Ponpes. ”Ponpes itu lembaga yang kuat pendidikan akhirat (ukhrawy), PTN dapat memberikan duniawinya,” tambahnya.
Kerjasama itu ditandatangani Dekan FISIP- UB, Dr Sholih Mu’adi SH MSi, Dekan Unair, Falih, dan Dekan FISIP Universitas Wijaya Putra, Dr Sri Yuni Woro Astuti MCom. Inti kerjasama itu komitmen ketiga fakultas itu mengembangkan, memperkuat, dan mengimplementasikan Tri Dharma PT berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Kegiatan kerjasama itu meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pelatihan yang sesuai dengan misi Tri Dharma PT. Melakukan penelian dan atau pengabdian masyarakat bersama. Juga penyelenggaraan kegiatan ilmiah, baik dalam bentuk kuliah umum, seminar, lokakarya atau kegiatan ilmiah lainnya. [mut]

Rate this article!
Tags: