Puluhan Orang Tua Siswa Datangi Sekolah

Bantuan Siswa MiskinBojonegoro, Bhirawa
Sedikitnya 40 orang tua siswa dari 94 penerima BSM mendatangi SDN Sukowati Kecamatan Kapas Bojonegoro, Selasa (9/9) kemarin. Kedatangan mereka menanyakan pihak sekolah minta penjelasan mengenai pencairan dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) 2014 yang sudah telat dari jadwal.
Sebab, bila dilihat pada sekolah negeri lainnya, jauh hari sudah menerima bantuan khusus untuk siswa yang kurang mampu tersebut. “Seharusnya pencairan dilakukan pada bulan Juli lalu, namun hingga saat ini tak kunjung cair. Padahal, di sekolah lain sudah membagi, tinggal sekolah ini saja yang belum. Dan kami tidak terima kalau sekolah terus mengundur-undur pembagian BSM,” kata Sundari (35), salah seorang orang tua siswa.
Namun kedatang mereka ke sekolah diterima langsung oleh kepala sekolah yang bersamaan dengan sidaknya wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono. Dalam sidaknya menanyakan dana BSM yang telat cair untuk bagi siswa kurang mampu.
Dana yang sempat telat dicairkan, akhirnya diterimakan langsung kepada orang tua siswa tersebut oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SDN Sukowati Kapas Bojonegoro, Warto mengakui, ini keteledoran dan kurang kontrol terhadap untuk penyaluran dana tersebut. “Kita mengakui keteledoran dari pihak sekolah, dan dana tersebut bisa diterimakan hari ini,” ungkap kepala sekolah SDN Sukowati, Warto kepada Bhirawa.
Penerima BSM di SDN Sukowati sejumlah 94 siswa dariĀ  jumlah total 236 siswa mulai kelas 1 sampai 6. Bantuan BSM itu diterimakan per tahun dengan nilai Rp 450 ribu per siswa. Ditanya terkait pencairan dana BSM melalui pihak sekolah, Warto menjelaskan itu atas petunjuk dari Bank. Dan pencairan dana itu bisa dikuasakan melalui pihak sekolah untuk memudahkan pengambilannya. [bas]

Tags: