Puluhan Ribu CPNS Kabupaten Bondowoso Rebut 289 Formasi

Ahmat Prajitno [Ihsan Kholil/Bhirawa]

Bondowoso, Bhirawa
Pelaksanaan tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur tahun ini diikuti sebanyak 5800 lebih peserta dari 10 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan akan memperebutkan 289 formasi. Ujian CPNS tersebut digelar di gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Kecamatan Tenggarang sejak 10-19 Februari 2020.
Plt. Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso, Ahmat Prajitno, mengatakan, dari total 289 formasi pegawai yang dibutuhkan, paling banyak adalah tenaga guru dan kesehatan. Menurutnya, dalam pelaksanaan tes CPNS kali ini meliputi wawasan kebangsaan dengan angka minimal 65, kepribadian angka minimal 80 dan intelejensi angka minimal 126.
“Jadi 5800 peserta itu memperebutkan 289 yang dibutuhkan di Bondowoso,”jelasnya saat di temui di Balai Latihan Kerja, Selasa (11/2). Secara teknis administrasi dari pemerintah tidak mengalami kendala berarti di hari pertama pelaksanaan tes CPNS. Hanya beberapa peserta terlambat datang dan tidak membawa persyaratan.
“Ada 55 orang terlambat, tidak bawa kartu dan KTP. Sehingga mereka ya pulang. Padahal sudah tahu syarat-syaratnya,” katanya. Pria kelahiran Pulau Garam itu menjelaskan, usai menjalani tes peserta bisa langsung mengetahui hasil dan nilai yang sudah terpampang secara online di layar yang tersedia. Sehingga mereka tahu apakah lulus atau tidak.
“Bahkan ketika tes berlangsung bisa dilihat sama keluarganya di ruangan yang sudah disediakan,” imbuhnya. Bagi peserta yang meraih nilai di atas passing grade, maka akan dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
“Harapannya anak Bondowoso bisa lulus sehingga mereka bisa memberdayakan keluarga dan masyarakat, “pungkasnya. [san]

Tags: