Puluhan Ribu Pelajar SD-SMP Negeri dan Swasta di Kota Pasuruan dapat Seragam Gratis

Pelajar SD dan SMP di Kota Pasuruan naik sepeda sebelum pandemi Covid 19. Tahun ini, total ada 33.271 pelajar SD-SMP negeri swasta dan MI-MTs negeri dan swasta akan mendapatkan seragam gratis dari Pemkot Pasuruan. [hilmi husain]

Pasuruan, Bhirawa
Tahun ini, Pemkot Pasuruan memberikan seragam gratis untuk pelajar SD – SMP negeri/swasta dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri/swasta se-Kota Pasuruan. Pemberian seragam gratis itu, selain untuk meringankan beban orang tua juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Pasuruan.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Mualif Arief, alokasi anggaran untuk pengadaan seragam sekolah sebesar Rp14,5 miliar. Besaran anggaran itu untuk dua stel seragam beserta ongkos jahitnya. Ongkos jahitnya dialokasikan Rp150 ribu untuk dua setel seragam. Di Kota Pasuruan ada 130 sekolah SD-SMP negeri dan swasta, sekaligus MI dan MTs. Total jumlah pelajar seluruhnya tercatat sebanyak 33.271 pelajar.
“Semua pelajar SD – SMP negeri dan swasta serta MI-MTs negeri dan swasta di Kota Pasuruan akan menerima dua stel seragam sekolah secara gratis. Total anggarannya Rp14,5 miliar,” ujar Mualif, Rabu (3/2) kemarin.
Sebelumnya, Pemkot Pasuruan tahun lalu mengalokasikan anggaran untuk pengadaan seragam gratis sebesar Rp7,2 miliar. Hanya saja, pengadaan pada tahun lalu itu gagal lelang dikarenakan tak adanya peserta lelang yang lolos sebagai penyedia.
Mualif menjelaskan, agar tidak terjadi gagal lelang, pihaknya mulai melakukan survei jenis kain hingga harga kain yang cocok. ”Nanti proses lelangnya kami kawal. Sekarang kita mulai mensurvei untuk kainnya,” jelas Mualif. [hil]

Tags: