Puluhan Sapi Milik Warga Banjar Talela Sampang Terinfeksi PMK, Dua Ekor Mati

Salah satu pemilik sapi saat berupaya memberikan makan pada sapinya yang tengah terserang PMK.

Sampang, Bhirawa.
Puluhan sapi milik warga Desa Banjar Talela, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bahkan ada yang hingga mati.

Menurut salah satu warga Desa Banjar Talela, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Juma’adi mengatakan berapa pekan terakhir ini banyak Sapi Ternak milik warga di sekitarnya terserang penyakit.

“Sejak beberapa Minggu terakhir sudah Puluhan Sapi yang terserang, bahkan milik saya dan warga kampung sebelah sudah mati pada beberapa hari yang lalu,” ungkapnya, Kamis (2/6).

Penyakit yang menyerang hewan sapi peliharaan warga itu, menurutnya adalah penyakit yang sama yakni yang sedang viral dibicarakan, dengan ciri hidung dan mulut sapi penuh luka.

“Penyakitnya sama semua, terdapat luka parah pada bagian mulut dan hidung,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sampang, Ir. Suyono memberikan pesan singkat pada masyarakat agar tidak panik dalam menyikapi penyakit tersebut.

“Jangan panik menyikapi penyakit ini, penyakit sapi atau PMK ini memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi, segera berkoordinasi dengan petugas setempat untuk segera mendapat penanganan,” singkatnya.(lis.gat)

Tags: