Puluhan TKI Malaysia Pulang Kampung ke Kabupaten Sampang

Posko Satgas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid 19 Jembatan Timbang Desa Plakaran Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang.

Sampang,Bhirawa
Ditengah Pandemi Covid 19, puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau biasa disebut Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia, pulang ke Kabupaten Sampang, Sabtu, (9/5) kemarin.
Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang, Yulis Juwaidi saat dikonfirmasi membenarkan jika malam ini akan kedatangan PMI asal warga Sampang. Berdasarkan data sementara, antara 38-42 TKI yang rencananya akan pulang ke Sampang.
“Berdasarkan data sementara yang kami terima, itu ada 38 sampai 42 TKI yang rencananya pulang ke Sampang. Sementara ini, mereka baru keluar dari Bandara Surabaya,” katanya.
Menurut Yulis, puluhan PMI Malaysia asal Sampang, pulang ke kampung halamannya menggunakan dua bus sebagaimana jika diterapkan social distancing (Jaga Jarak. Tiba di wilayah Sampang yaitu sekitar pukul 23.30-00.00 WIB dini hari.
“Mereka akan berhenti dicek poin Suramadu. Mereka dilakukan pemeriksaan sebelum tiba di posko Covid-19 jembatan timbang Jrengik. di posko jembatan timbangan, mereka tetap mengikuti prosedur standar pemeriksaan Covid-19, seperti cek suhu, pendataan alamat tinggal, cek paspor, pemberian arahan untuk isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Dan bagi kaluarga, penjemputannya dilakukan di posko jembatan timbang seperti pada PMI sebelumnya,” katanya.
Pantauan dilokasi, dari 42 Pekerja Migran Indonesia itu, 4 orang turun di Bangkalan dan melanjutkan ke jalur Utara, sedangkan 38 orang transit di Posko Satgas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid 19 Jembatan Timbang Desa Plakaran Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang.
Selain itu Petugas juga memberikan arahan agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, membiasakan menggunakan masker, jaga jarak serta menghubungi petugas atau tempat pelayanan kesehatan terdekat jika ada gejala. [lis]

Tags: