Puluhan Warga Pertanyakan Akivitas Baru PT Santos

PT SantosSampang, Bhirawa
Puluhan warga yang berasal dari dua Desa Pulau Mandangin dan Desa Tanjung Camplong Sampang, mempertanyakan aktivitas baru yang dilakukan PT Santos Ltd pengeboran di perairan Kabupaten Sampang. Mereka  mengganggap akivitas mendatangkan kapal besar di sumber oyong Camplong Sampang tanpa ada sosialisasi pada masyarakat, khususnya warga desa yang moyoritas sebagai nelayan di lokasi terdampak.
Protes warga dua desa tersebut langsung difasilitasi oleh forum pimpinan daerah (forpimda) yang terdiri dari wakil Bupati, Polres, Dandim, Kajari dan kepala PN Sampang antara warga dua Desa dan pihak Santos di aula pemkab Sampang, Kamis (22/1).
Hakkun, Kelapa Desa Pulau Mandangin Kecamatan Sampang saat di forum dialog tersebut, mengatakan memang sejak 4 Januari 2015 ada aktivitas baru kedatangan kapal besar yang membawa Rig di sumber pengeboran migas oyong yang dilakukan PT Santos Ltd.
“Bahkan saya sempat mempertanyakan pada pihak Santos terkait kedatangan kapal besar tersebut apakah pengeboran baru atau apa, pihak santos di Sampang menjelaskan hal itu untuk perawatan sumber oyong. Selang beberapa hari saya selaku kepala Desa didatangi warga mempertanyakan aktifitas baru di PT Santos, saya sebagai kepala Desa sudah menjelaskan seperti yang dikatakan pihak Santos Ltd, tetapi warga tidak mempercayai hal itu. Bahkan warga mengajak protes untuk melakukan aksi,” jelas Hakkun. [lis]

Tags: