Puskesmas Layani Pemeriksaan Kehamilan untuk Dispensasi Nikah

dr Kasil Rohmad da Zaenal Farid menunjukkan MoU yang telah mereka tandatangani di Kantor PA Tulungagung, Rabu (25/5).

Tulungagung, Bhirawa
Mulai saat ini bagi calon pegantin usia dini yang memohon dispensasi nikah akibat hamil disediakan puskesmas untuk memeriksa kehamilannya tersebut. Pemeriksaan di puskesmas ini setelah ditandatangani MoU antara Pengadilan Agama (PA) Tulungagung dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, Rabu (25/5).

Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad, usai acara penandatangan nota kesepakatan tersebut menyatakan saat ini untuk pemeriksaan kehamilan calon pengantin usai dini yang memohon dispensasi menikah di PA harus memeriksakan kehamilannya di instansi resmi. Tidak lagi hanya berbekal keterangan dari bidan.

“Kalau sebelum MoU itu surat keterangannya merupakan produk yang tidak berstandar hukum, sekarang berstandar hukum,” ujarnya.

Ia selanjutnya mengatakan puskesmas di seluruh Kabupaten Tulungagung dapat melayani semua permintaan PA atau KUA dalam hal calon pengantin usia dini memeriksakan kandungannya. Terlebih sarana dan prasarana di puskesmas memadai termasuk adanya alat USG.

Sementara itu, Kepala PA Kabupaten Tulungagung, Zaenal Farid menerangkan, kesepakatan bersama Dinkes Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu upaya mencegah pernikahan dini melalui pemeriksaan kesehatan. Ia menilai pengantin usia dini belum siap secara jasmani.

“Kesehatan kandungan, kesehatan reproduksi yang tahu kan orang kesehatan. Kami membuat dispensasi nikah berdasar surat keterangan kesehatan. Apa ini layak menikah atau tidak,” katanya.

Zaenal Farid mengakui hampir 50 persen pernikahan dini disebabkan akibat kehamilan di luar nikah. Di Tulungagung sendiri dalam tahun 2022 ini sampai bulan April sudah ada 117 pasangan yang mengajukan dispensasi nikah dan seluruhnya diizinkan dengan berbagai pertimbangan.

“Secara nasional prosentase dispensasi nikah karena pernikahan dini hanya 0,3 persen dari total jumlah pernikahan,” pungkasnya. (wed.bb)

Tags: