Rabat Jalan TMMD Ke-109 Topang Perekonomian Desa

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono menunjukkan rabat jalan beton hasil TMMD 109 Kodim 0812/Lamomgan.

Surabaya, Bhirawa
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 Kodim 0812/Lamongan berkesan bagi warga Desa Tebluru, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamomgan. Meski sudah usai, hasil rabat jalan beton TMMD 109 membawa dampak positif bagi perekonomian warga Desa Tebluru.

Selain rabat jalan, sasaran fisik di Desa Tebluru diantaranya pipanisasi, pembuatan bak pembagi saluran irigasi sawah, RTLH, pembangunan rumah dan pos Covid-19 serta pembangunan lapangan bola voli. Ada juga sasaran non fisik, yaitu pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, sosialisasi wawasan kebangsaan guna menumbuhukan rasa bela negara dan cinta tanah air, sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan kesehatan, pertanian, peternakan, olahraga, dan kegiatan non fisik lainnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0812/Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono mengatakan, pembangunan jalan sepanjang 900 meter di Desa Tebluru membawa dampak yang positif. Roda perekonomian warga setempat terbantu dengan adanya rabat jalan di TMMD 109.

“Jalan sepanjang 900 meter ini merupakan jalan penghubung antar Desa. Dan juga sebagai penopang roda perekonomian di Desa Tebluru. Sehingga memudahkan masyarakat mendistribusikan hasil pertanian,” kata Letkol Inf Sidik Wiyono, Senin (26/10).

TMMD, sambung Sidik, merupakan bukti nyata kepedulian TNI membantu percepatan pembangunan masyarakat di daerah tertinggal. Pelaksanaannya pun dilakukan melalui kerjasama, kekompakan, dan kekeluargaan. Di mana masyarakat bersatu padu dalam menyukseskan TMMD sesuai target. “Lahir dari rahim rakyat, TNI akan terus mengabdikan diri untuk kepentingan rakyat,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, semua sasaran fisik dan non fisik TMMD sangat bermanfaat bagi warga setempat. Terutama bagi warga yang selama ini mengidam-idamkan jalan penghubung di Desanya dapat dirabat beton. Sehingga dapat dilintasi dengan nyaman dan berbeda dari sebelumnya.

“Rabat jalan dirasakan warga setempat bermanfaat bagi perputaran ekononomi setempat. Begitu juga bak pembagi air dirasakan sangat membantu dalam pengairan sawah milik warga. Apa yang dihasilkan dari TMMD 109 ini merupakan untuk rakyat atau warga Desa Tebluru,” pungkasnya.[bed,aha.yit]

Tags: