Rama Adrian: Dukung Gerakan Sosial Komunitas Kreatif Surabaya

Head of Consumer Business LOKET, Damar Jayengrana saat menjelaskan perkembangan Loket.com kepada VP Consumer Solutions LOKET, Rama Adrian dan perwakilan Koridor Coworking Space Surabaya, Osbert Lukito Setiawan dalam acara Loket.com Showcasing Roadshow 2018. [Achmad tauriq/bhirawa]

(Sistem Manajemen Event Mandiri)
Surabaya, Bhirawa
Penyelenggaraan event kerap dikaitkan dengan promotor atau perusahaan besar sebagai penyelenggaranya. Padahal, tidak sedikit event-event yang justru digagas oleh kelompok komunitas atau individu di mana mereka notabene berasal dari kalangan generasi muda dan usia produktif.
LOKET, perusahaan penyedia layanan komprehensif bagi penyelenggara event terkemuka di Indonesia melalui platform digital Loket.com telah merancang untuk memberikan kemudahan bagi event creator komunitas dan individu dalam meramaikan event mereka melalui Sistem Manajemen Event Mandiri.
LOKET sendiri menilai peluang pertumbuhan bisnis manajemen event masih sangat luas dan sangat potensial. Melalui pengelolaan event mandiri yang sistematis dari Loket.com siapapun kini bisa mempromosikan kegiatannya untuk menarik lebih banyak pengunjung guna meningkatkan angka penjualan tiket mereka dengan lebih signifikan.
VP Consumer Solution LOKET, Rama Adrian saat dikonfirmasi Bhirawa usai showcase Loket.com di Koridor Coworking Space Gedung Siola Surabaya, Selasa (24/7) kemarin menawarkan Sistem Layanan Mandiri untuk berikan pengalaman Manajemen Event terbaik bagi Event Creator Lokal. LOKET menilai, salah satu masalah utama yang dihadapi event creator adalah keterbatasan metode pemasaran tiket dan sarana promosi yang berdampak pada kurang maksimalnya pengunjung event mereka.
Berangkat dari permasalahan di atas, Loket.com dirancang dengan sistem layanan mandiri (self-service) yang memungkinkan kreator event bisa memasang informasi soal event secara online dan juga diakses calon pengunjung secara real-time.
“Kami berusaha merancang solusi yang relevan dengan kebutuhan target pasar dan end-user. Layanan mandiri sengaja dipilih untuk memberikan pengalaman event terbaik bagi kreator maupun calon pengunjungnya,” terangnya.
Rama menambahkan seluruh proses dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online. Melalui Loket.com, para event creator juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan kegiatannya di beberapa rekan afiliasi LOKET, termasuk melalui aplikasi GO-JEK dengan layanan GO-TIX yang kini telah menjadi bagian dari LOKET.
“Bahkan, nilai lebih yang kami tawarkan adalah event para kreator lokal ini berkesempatan untuk dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP) termasuk Blibli, tiket.com, Tokopedia, JD.ID dan lain sebagainya,” jelas Rama.
Sementara kegiatan kumpul komunitas di kota Surabaya merupakan kunjungan yang ketiga dari rangkaian kegiatan showcase Loket.com di hadapan komunitas-komunitas kreatif. Dalam gelarannya, Loket.com mengunjungi empat kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar dimana kota-kota tersebut memiliki pertumbuhan komunitas kreatif organik yang sangat pesat dan diyakini mampu menyumbang pendapatan ekonomi masyarakat di kota masing-masing.
CEO LOKET, Edy Sulistyo mengatakan kehadiran Loket.com di kota-kota tersebut merupakan bagian dari komitmen LOKET untuk memperkenalkan teknologi ke semua kalangan. “Loket.com dirancang dengan semangat demokratis, artinya kami meyakini bahwa teknologi adalah milik semua kalangan. Pengalaman menggelar event yang profesional lewat dukungan teknologi kini bisa dirasakan oleh event creator dan calon pengunjung tanpa memandang skala event tersebut. Kalangan komunitas dan individu kini bisa mengkreasikan event mereka dengan layanan mandiri dari Loket.com,” pungkasnya.
Loket.com hadir untuk mendukung ruang gerak komunitas dan individu kreatif serta terciptanya ribuan event berskala kecil hingga menengah di Indonesia. Jawa Timur dan Surabaya khususnya memiliki ciri khas tersendiri di mata generasi muda Indonesia.
Beragam destinasi wisata mulai dari alam, budaya, sampai belanja tersebar luas di provinsi ini. Tercatat pada tahun 2017 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Surabaya mencapai 24 juta jiwa. Bahkan, total wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur mencapai mencapai 58,65 juta orang. Hal tersebut salah satunya didukung oleh kolaborasi dukungan pemerintah dan ide-ide kreatif yang digagas oleh masyarakat setempat.
“Hal di atas atas sejalan dengan komitmen Loket.com untuk terus mendukung gerakan sosial komunitas dan individu lewat teknologi. Kombinasi eksistensi milenial, komunitas kreatif dan pemerintah yang suportif sangatlah strategis bagi inisiatif kami mengenalkan layanan dari Loket.com. Kami optimistis platform ini bisa diterima dengan baik oleh target pasar,” ujarnya.
Edy berharap dengan showcase yang kami gelar di hadapan penggiat komunitas kreatif di kota Surabaya, akan semakin banyak aktivitas-aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. [riq]

Tags: