Ramadan, Harga Ikan Laut di Bojonegoro Mahal

salah satu pedagang ikan laut di pasar kota Bojonegoro sedang menjajakan dagangannya. [achmad basir/bhirawa]

Bojonegoro, Bhirawa
Memasuki bulan Ramadan, harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Bojonegoro terus mengalami kenaikan. Kenaikan ini sudah terjadi sejak sepekan, hal itu disebabkan karena permintaan yang tinggi dari konsumen dan stok yang minim.
Salah seorang pedagang di Pasar Kota Bojonegoro mengatakan, kenaikan harga ikan laut terjadi sejak sepekan lalu. Kenaikan ini, menurut Sulastri, naiknya harga ikan saat memasuki ramadan memang sudah menjadi hal yang biasa. Hal tersebut disebabkan permintaan yang tinggi dari konsumen dan stok yang minim.
“Kenaikan ini diprediksi tidak akan berlangsung lama, setelah Lebaran harga dipastikan normal kembali,” ujar Sulastri, kemarin (6/6).
Kenaikan harga ikan untuk beberapa jenis. Di antaranya seperti ikan tongkol, cumi-cumi, rajungan, udang laut dan beberapa jenis lainnya. Kenaikan harga terjadi dari mulai Rp 5 ribu -Rp10 ribu/kg. ” Memasuki Ramadan harga ikan di pasaran sudah mulai naik,” terangnya.
Ia menerangkan untuk harga ikan tongkol dari yang sebelumnya dijual diharga Rp 28 ribu naik menjadi Rp 34 ribu/kilogram. Harga udang laut dari sebelumnya dijual Rp 42 ribu naik menjadi Rp 46 ribu/ kilogram. Sementara itu untuk harga cumi-cumi saat ini dijual Rp 60 ribu dari sebelumnya hanya dijual Rp 50 ribu/kilogram. ” Kenaikan harga hampir merata berkisar Rp 5 ribu sampai Rp10 ribu/kilogram,” jelasnya. [bas]

Tags: