Rangkaian HKSN, Dinas Sosial Provinsi Jatim Gelar Donor Darah

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinas Sosial Provinsi Jatim menyelenggarakan donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Dinas Sosial Provinsi Jatim, Surabaya , Selasa (15/12).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Dr Alwi MHum mengatakan, kesetiakawanan sosial dapat diwujudkan dengan berbagi untuk kehidupan. “Salah satu yang bisa diberikan dan tidak ada jual belinya, yakni menyumbangkan darah,” katanya.

Apalagi, lanjut Alwi, di masa pandemi ini kebutuhan terhadap darah meningkat, sementara stoknya berkurang. “Kegiatan ini memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Alwi berharap, setidaknya dalam kegiatan donor darah ini bisa menghasilkan 100 kantong darah dan bisa membantu kebutuhan darah masyarakat Jatim yang benar benar membutuhkannya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial Dinsos Jatim Muchamad Arif Ardiansyah menambahkan, Dinas Sosial Provinsi Jatim mengadakan donor darah sebanyak empat kali dalam setahun.

“Empat kali itu, ketika Hari Kebangkitan Nasional, HUT RI, Hari Pahlawan, dan Hari Kesetiakawanan Nasional. Setiap kali kegiatan, mengundang 100 orang dan menargetkan 75 kantong darah,” katanya.

Menurutnya, selama ini target tersebut tercapai. Bahkan, ketika momen HUT RI, jumlah kantong darah yang dihasilkan mencapai dua kali lipat. “Beberapa pihak yang terlibat antara lain, seluruh ASN Dinsos Jatim, Brimob, Komando Garnisun Tetap (Kogartap), dan ASN OPD di sekitar kantor Dinsos,” ujarnya. n rac

Rangkaian HKSN, Dinsos Jatim menggelar donor darah sebagai bentuk kesetiakawanan nasional. Apalagi ditengah pandemi, ketersediaan darah sangat diperlukan. [rac]

Tags: