Ratusan Guru SMA-SMK di Bojonegoro Terima SK CPNS

Kepala Cabdisdik Provinsi Jatim Wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno menyerahkan SK secara simbolis kepada perwakilan CPNS. [achmad basir]

Bojonegoro, Bhirawa
Sedikitnya 100 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Pendidikan lulus tahun 2019 lalu, asal Kabupaten Bojonegoro dan Tuban menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS, di aula SMAN 2 Bojonegoro, Senin (25/1) kemarin.
Namun, pelaksanaan itu berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilakukan serentak di Surabaya. Tahun ini penyerahan SK dilakukan di wilayah kerja masing – masing, lantaran masih dalam pandemi Covid 19. Kepala Cabdisdik Provinsi Jatim Wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno menyerahkan SK secara simbolis kepada perwakilan CPNS.
Menurut Adi Paryitno, penyerahan SK Pengangkatan PNS menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 secara ketat. Selain wajib menjaga jarak dan memakai masker, para peserta juga dicek suhu tubuh terlebih dahulu. Dari total 100 guru itu, 72 guru dari Kabupaten Bojonegoro dan 28 guru dari Kabupaten Tuban.
Adi menjelaskan, pada penyerahan SK itu juga dilakukan serentak di Jawa Timur yang langsung dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara virtual. Sebelumnya, Cabang Dinas Pendidikan masing – masing wilayah, terlebih dahulu mengambil SK di Surabaya.
Sebelum diangkat, para CPNS formasi 2019 telah melalui sejumlah tahapan seleksi administrasi, tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), dan pemberkasan lanjutan. Selanjutnya, mereka menyandang status CPNS dan diharuskan aktif per 1 Februrari mendatang untuk mengemban tugas negara.
“Jabatan melekat membawa tanggung jawab yang harus ditunaikan dengan sungguh – sungguh setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Maka para PNS harus lebih meningkatkan motivasi, kompetensi dan sosial di tempat pengabdian masing – masing,” tandasnya.
Adi juga mengingatkan para ASN untuk betul – betul menjaga integritas dalam melaksanakan pekerjaan sebagai abdi negara. ”Sebab masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan dan keberuntungan menjadi ASN seperti kalian. Kalian telah terpilih diantara banyak pilihan, jadi jangan disia – siakan,” ucapnya. [bas]

Tags: