Ratusan Kades Ikut Bimtek Penyusunan APBDes

Situbondo, Bhirawa
Guna menciptakan transparansi dan kebijakan anggaran yang baik, efektif serta pro rakyat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Bagian Pemerintahan, menggelar acara bimbingan dan tehnis (bimtek) penyusunan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes), pagi kemarin (25/3). Acara yang diikuti sedikitnya 136 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Situbondo itu dilaksanakan di auditorium Pabrik Gula (PG) Panji, sejak pukul 09.00 wib.
Acara bimtek sehari penuh itu dibuka langsung Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH, dengan didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Tata Praja, Drs Soeraji, Kabag Pemerintahan Toeloes Priyanto serta Camat Panji, Nugroho.
Dalam sambutannya Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto menyampaikan sejumlah hal penting, diantaranya perlunya persiapan yang memadai serta pengelolaan tata keuangan yang benar. “Kami bersama seluruh jajaran sangat tidak ingin teman-teman Kepala Desa tidak memerlukan adanya bantuan dari kita (Pemkab Situbondo). Sebab jangan sampai pemerintahan desa itu bukan bagian dari kita. Tetapi sebaliknya, pemerintahan Desa itu harus bersinergi, sesuai dengan amanat Permendagri No 37 tahun 2007.” tegas orang nomor satu di jajaran Pemkab Situbondo itu kemarin.
Bupati menambahkan, pentingnya tata cara koordinasi yang baik antara Desa-Desa dengan pihak kecamatan serta jajaran Pemkab Situbondo. Apalagi, ada desa yang mengaku sudah mandiri tanpa pernah melakukan koordinasi dengan kecamatandan SKPD.
Terutama, ujar Bupati Dadang, bagi pemerintahan Desa yang baru memiliki pimpinan. “Jika mereka menganggap dapat berdiri sendiri, sanagat membahayakan. Apalagi kondisi ini teru dibiarkan maka akan mengandung resiko yang besar bagi kesuksesan jalannya pemerintahan yang bersangkutan,” urai Bupati Dadang.
Tak hanya soal itu saja yang ditekankan Bupati Dadang, soal upaya peningkatan pelayanan desa juga harus diupayakan, sehingga masyarakat akan semakin sejahtera. “Kepada para Kades kami minta berikanlah pelyanan yang baikĀ  dan perlindungan serta bimbingan kepada masyarakat sebaik mungkin dengan kemampuan yang maksimal,” pungkas Bupati Dadang. [awi]

Tags: