Ratusan Karyawan PT PMMP Tes Swab, Buntut 15 Karyawan Positif Covid-19

Ratusan karyawan PT PMMP Situbondo antri untuk menjalani tes swab. Kegiatan ini dipantau langsung Bupati Dadang Wigiarto bersama jajaran Forkopimda. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama jajaran Forkopimda Situbondo mengunjungi PT PMMP Landangan Situbondo kemarin. Kedatangan para pejabat teras itu guna untuk memantau langsung kegiatan tracing pencegahan Covid-19 dengan melakukan tes swab kepada ratusan karyawan setempat. Ini dilakukan setelah sebelumnya 15 karyawan PT PMMP Situbondo dinyatakan positif Corona.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Dadang Wigiarto, Kapolres Situbondo AKBP Sugandi, Dandim 0823 Letkol Inf Akhamd Juni Toa, serta jajaran Komisaris Utama PT PMMP Susilo S, Komisaris PT PMMP Martinus S, Dewan Direksi PT PMMP serta pejabat utama (PJU) Polres Situbondo. Tak ketinggalan Kepala BPBD Priyo Handoko, Plt Kepala Dinkes Akhmad Yulianto, Kadis Kominfo dan Persandian Dadang Aries Bintoro dan jajaran Forpimka Kapongan ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto menegaskan, pelaksanaan tracing dengan tes swab sebagai bentuk dan upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Situbondo, termasuk juga terhadap karyawan PT PMMP. Kata Bupati Dadang, setiap orang yang terindikasi ada kontak dengan karyawan yang dinyatakan positif korona harus menjalani tes swab.

“Dari hasil komunikasi kami dengan pihak Provinsi Jatim, hasil tes swab diperkirakan selesai besok,” ujar Bupati dua periode itu.

Disisi lain Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Akhmad Yulianto menimpali, proses swab tidak dilakukan kepada seluruh kayawan PT PMMP namun hanya dipilih kepada karyawan yang melakukan kontak erat dengan penderita positif korona. Dari 150 karyawan yang menjalani swab, ujar Akhmad Yulianto, sudah diambil sampel lendir dibagian tenggorokannya.

“Usai menjalani swab mereka diminta untuk pulang. Mereka untuk sementara waktu tidak masuk kerja sebelum hasil swabnya keluar,” papar pria yang juga Kepala Inspektorat Kabupaten Situbondo itu.

Sementara itu Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi menegaskan, kegiatan tracing melalui tes swab didukung petugas medis Pusekesmas dan Urkes Polres Situbondo. Ratusan karyawan itu, ujar Kapolres Sugandi, terindikasi melakukan kontak erat dalam satu ruangan dengan karyawan yang dinyatakan positif korona.

“Ini (swab) sebagai bentuk upaya pencegahan penularan Covid-19 di Situbondo. Kami juga memberikan obat herbal dan prebiotik kepada karyawan PT PMMP. Kami minta mereka terus meningkatkan sistem imun sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit positif korona,” pungkas Kapolres Sugandi. [awi]

Tags: