Ratusan Mahasiswa Tak Mampu Situbondo Dapat Dana Prestasi

6-foto A AWI-SIT UNGGULSitubondo, Bhirawa
Ratusan mahasiswa berprestasi dari kalangan kurang mampu yang tersebar di Kota Santri mendapat bantuan dari Pemkab Situbondo, melalui Dinas Pendidikan (Dipendik) Kabupaten Situbondo. Dipendik menjalankan program Beasiswa Situbondo Unggul bagi mahasiswa asal Kabupaten Situbondo untuk tahun ajaran 2014/2015. Kemarin (31/12) di pendopo Kabupaten, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto menyerahkan secara simbolik bantuan beasiswa tersebut kepada 124 mahasiswa calon peraih beasiswa Situbondo Unggul.
Pengamatan Bhirawa, di hadapan para mahasiswa yang hadir, Dadang mengatakan jika mereka yang memperoleh beasiswa adalah sosok yang diharapkan dapat memajukan Situbondo ke depan. “Program ini di kembangkan untuk meningkatkan SDM masyarakat Situbondo, sehingga kedepan tumbuh kecintaan kepada Kabupaten. Selain itu nanti diharapkan agar mereka yang belajar dapat dengan sungguh-sungguh serta dapat mengabdikan ilmu yang di dapat untuk kemajuan Situbondo,” ungkap Dadang.
Agar program ini berjalan dengan baik, Dadang mengharap semua pihak dapat bekerja sama dengan baik. Untuk Dinas Pendidikan sebagai leading sectoral diharapkan dapat mengatur pembayaran uang kuliah secara tepat waktu. “Ini mengingat masalah administrasi yang diterapkan setiap Universitas cukup ketata, dengan pembayaran tepat waktu akan membuat mahasiswa lebih fokus kepada pendidikannya,” ujar Bupati Dadang.
Masih kata Bupati Dadang, mereka tidak perlu memikirkan uang kuliah karena keterlambatan pembayaran dari pemerintah. Sedangkan untuk mahasiswa yang sedang belajar dan memperoleh beasiswa dari Pemkab Situbondo juga diharapkan serius dalam belajarnya.
Salah satunya, kata dia, dengan menunjukkan peningkatan grafik nilai IPK yang bagus dan stabil. “Agar para mahasiswa ini semakin serius, Pemkab berencana untuk mengupload data nilai dari mahasiswa peraih beasiswa Situbondo Unggul agar masyarakat juga bisa melihat keseriusan mahasiswa,” terang Bupati Dadang.
Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Situbondo, Fathor Rakhman mengatakan program ini direalisasikan karena sesuai dengan Perbup nomor 46 tahun 2014 mengenai Beasiswa Kepada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu di Kabupaten Situbondo.
“Targetnya adalah memberikan jalan bagi mereka yang berprestasi namun terkendala dengan masalah biaya. Ke depan sesuai instruksi Bupati, seleksi calon penerima beasiswa akan kita jalankan sejak bangku SMA. Sehingga mereka¬† bisa dipantau sejak dari jauh hari,” pungkas mantan Kadisparbudpora Kab Situbondo itu.
Sementara itu, dari 124 mahasiswa yang akan memperoleh beasiswa Situbondo Unggul, 102 diantaranya berkuliah di Kabupaten Situbondo. sedangkan 22 sisanya berada di beberapa Universitas di luar Situbondo seperti STAIN Jember, Unej Jember dan Unibra Malang. Dalam acara penyerahan beasiswa itu sendiri turut hadir Pembantu Rektor 3 Universitas Negeri Jember, Prof. Saleh. [awi]

Keterangan Foto : Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Fathor Rokhman saat memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di Kabupaten Situbondo. [sawawi/bhirawa].

Tags: