Ratusan Personel Kodim 0818 Siap Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Dandim 0818 Kab Malang/Kota Batu Letkol (Inf) Dody Yusub Sandra. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Kedatangan vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Malang, hal ini diharapkan untuk bisa mengendalikan penyebaran Covid 19, yakni salah satunya dengan memberikan vaksinasi kepada masyarakat Kabupaten Malang. Sedangkan untuk memberikan vaksinasi pada masyarakat, tentunya harus melalui proses. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan memberikan vaksin secara bertahap.

Menurut, Komandan Kodim (Dandim) 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu Letkol (Inf) Dody Yusub Sandra, Rabu (17/1), kepada wartawan, vaksin Covid-19 yang pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan, TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para wartawan. Dan selanjutnya, vaksin akan diberikan secara menyeluruh kepada masyarakat Kabupaten Malang. “Untuk saat ini, vaksin yang datang dan sudah diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, pada beberapa hari lalu, sebagai pengiriman tahap pertama,” terangnya.

Selain itu, kata dia, dalam tahap pertama penyuntikan vaksin tersebut, nantinya anggota Kodim 0818 sejumlah 800 orang personil akan menerima suntikan vaksin dalam tahap pertama. Sedangkan anggota Kodim yang akan di vaksin, hal itu sudah berdasarkan pendataan yang sudah kita lakukan. Dan kapan anggota Kodim 0818 diberikan suntikan vaksin tersebut, pihaknya menunggu jadwal vaksinasi.

“Yang jelas kita tidak boleh melanggar jadwal, yang mana sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Sedangkan Pemkab Malang akan melakukan penyuntikan vaksin pertama kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Malang, diakhir bulan Januari 2020 ini,” ujar Dody.

Disampaikan, berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), untuk Kabupaten Malang masih masuk pada  zona merah. Sehingga untuk bisa kembali ke zona hijau, maka kita harus bersama-sama untuk bisa mengendalikan penyebaran Covid-19, yang salah satunya kita semua harus disiplin dalam mentaati protokol kesehatan. Karena dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, yang jelas akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Target Pemerintah Pusat secara nasional, masyarakat akan diberikan vaksinasi, yakni jumlahnya mencapai 1 juta dosis per hari. Sehingga diharapkan, masyarakat harus siap untuk disuntik vaksin Covid-19,” pintah Dody.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wiboyo juga sudah menyampaikan, jika Kabupaten Malang sudah mendapatkan kiriman vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Sedangkan untuk tahap awal ini, telah mendapatkan vaksin sebanyak 7.000 dosis. Sedangkan dari sekian ribu vaksin tersebut, pertama akan disuntikkan kepada Forkompinda, TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan para wartawan. Karena mereka selama Pandemi Covid-19 ini sebagai garda terdepan dalam penanggulan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang.

“Kedatangan vaksin Covid-19 di Kabupaten Malang, ini merupakan tahap awal. Karena selanjutnya akan kembali mendapatkan vaksin, karena vaksin yang kami ajukan sebelumnya, untuk tahap pertama sebanyak 8.340 dosis, tapi hanya dikirim 7. 000 dosis,” ungkapnya. [cyn].

Tags: