Ratusan PNS Bersaing di MTQ Korpri

2-wagubPemprov Jatim, Bhirawa
Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) kini tengah bersaing dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri yang kali pertama diadakan Pemprov Jatim. MTQ kali merupakan media syi’ar pada masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa semua anggota Korpri di lingkup Pemprov Jatim mempunyai landasan spiritual yang kuat.
“Penguatan spiritual sangat diperlukan karena para anggota Korpri mempunyai tanggung jawab yang berat, yakni sebagai abdi negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat,” terang Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, saat membuka MTQ Korpi Provinsi Jatim tahun 2014 di Asrama Haji, Surabaya, Senin (24/3) malam.
Gus Ipul yang juga wakil penasehat Dewan Pengurus (DP) Korpri menjelaskan, pengabdian kepada negara, pemerintah dan masyarakat harus bisa dirumuskan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari.
“Korpri harus pandai menempatkan diri dalam menjalankan tugas kapan menjadi abdi negara, kapan menjadi abdi pemerintah,dan kapan menjadi abdi masyarakat. Saat menjadi abdi pemerintah misalnya, harus bisa mengingatkan atasannya jika terjadi kesalahan¬† sehingga bisa diluruskan kembali,” katanya.
Menurutnya, salah satu pilar penting negara adalah para anggota Korpri yang akan meneruskan kepemimpinan negara di masa yang akan datang. “Gubernur, wakil gubernur, Bupati, Walikota boleh ganti tapi Korprilah yang harus terus bekerja di lapangan melayani masyarakat,” tegasnya.
Ia menambahkan, melalui MTQ semua anggota Korpri diingatkan bahwa kesuksesan dan keberhasilan hanya bersifat sementara. Sebab, sesuai banyak literatur kesuskesan, kepandaian, dan penampilan yang luar biasa tidak akan ada gunanya jika tidak mempunyai kebahagiaan spiritual. “Lomba ini hanya teknis dan bungkus saja, tapi inti dari kegiatan MTQ ini adalah penguatan spiritual,” ujarnya.
Gus ipul berharap, MTQ ini nantinya bisa memperoleh kafilah MTQ terbaik dalam rangka persiapan keikutsertaan pada MTQ KORPRI Nasional pada bulan Agustus 2014 di Aceh. Selain itu, diharap para anggota Korpri bisa meningkatkan rasa solidaritas dan kesetiakawanan.
Dengan solidaritas yang kuat maka cita-cita gubernur dan wakil gubernur menuju Provinsi nomor 1 di Indonesia akan mudah terwujud. “Sebenarnya semua peserta yang sudah mengikuti perlombaan tersebut sudah menjadi juara, karena telah menyempatkan waktunya,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua DP Korpri Ahmad Sukardi mengatakan, kegiatan yang dihelat 24-27 maret itu diikuti 280 peserta yang terdiri dari 33 perwakilan kab/kota dan semua SKPD di lingkungan Pemprov Jatim, hanya 1 kabupaten yang tidak dapat mengikuti yaitu Kediri. Perlombaan ini dibagi 5 cabang yaitu, Khatt putra/putri, tilawah putra/putri, hifzh/tahfidz putra/putri , tartil putra/putri, dan syarhil putra/putri.
Di sisi lain, ajang seperti ini oleh Pengurus Korpri Jatim tidak bisa disamakan dengan ajang MTQ pada umumnya yang bertujuan untuk memeproleh gelar juara sebanyak-banyaknya. Namun lebih dari itu Korpri ingin nantinya ajang ini menjadi ajang untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota Korpri itu sendiri .”Kita tidak ingin ajang ini menjadikan kemenangan adalah segala-galanya, malah kita ingin kejujuran dan sportifitas di atas segalanya,” pungkasnya.
Sementara, Sekretaris Korpri Jatim, Hizbul Wathon mengatakan, kegiatan ini juga bisa sebagai ajang silaturahmi sekaligus mengetahui kuantitas dan kualitas PNS dalam upaya kesejahteraan anggota Korpri.” Inilah saatnya menunjukkan kebolehan, tidak hanya sebagai staf saja. Namun tunjukkan kalau punyai potensi yang baik,” tambahnya.¬†¬† [rac]

Rate this article!
Tags: