Ratusan Siswa Ikuti Lomba MRC Tingkat Nasional 2021

Kepala Kemanag dan Kepala MAN Sidoarjo sedang meninjau hasil karya riset peserta lomba. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 108 naskah hasil riset karya perwakilan pelajar SMP/SMA/MA se Indonesia yang sudah terseleksi, telah terkumpul untuk mengikuti lomba MRC (MANS Research Competition) 2021 tingkat nasional yang digagas MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Sidoarjo.
Sebanyak 50 finalis karyanya dipamerkan di Auditorium MAN Sidoarjo, akan diseleksi lagi oleh dewan juri untuk penentuan juara. Lomba dibuka langsung Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, Dr Drs M Amir Sholehudin MPdI didampingi Kepala MAN Sidoarjo, Drs Abdul Jalil MPdI pada Sabtu (26/3) di Ruang Auditorium MAN Sidoarjo.
Menurut Kepala MAN Sidoarjo, Abdul Jalil, Mansda Riset ini merupakan organisasi siswa yang melakukan serangkaian kegiatan ilmiah demi menghasilkan suatu karya berupa karya ilmiah yang dibentuk tanggal 18 Juli 2019 lalu.
“Dengan adanya Program Mansda Riset, Man Sidoarjo berperan sebagai Provider Organisasi Mansda Riset. Dalam kesempatan ini, Mansda Riset mengadakan sebuah kompetisi bernama Mansda Research Competition (MRC) 2021,” tutur Abdul Jalil.
MRC 2021 ini merupakan kompetisi para peneliti muda tingkat SMP/SMA/MA se-Indonesia. Para peneliti muda dikumpulkan dalam suatu ajang riset yang dapat menambah spirit mereka dalam melakukan penelitian.
“Lomba dilakukan secara online karena pandemi Covid 19. Melalui MRC 2021 ini, diharapkan para peneliti muda ikut serta sebagai peserta demi memperluas wawasan, meningkatkan sikap kritis, kemampuan berkomunikasi yang baik, menambah pengalaman dan teman baru untuk Indonesia yang lebih maju,” harap Abdul Jalil.
Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Sidoarjo, M Amir Sholehudin juga menambahkan, dengan riset akan meningkatkan mutu madrasah, karena dengan riset Indonesia akan lebih maju. Maka program yang diprakarasai MAN ini sangat membanggakan sekali, bukan yang untuk MAN Sidoarjo tetapi juga bagi kami Kemenag Sidoarjo juga Indonesia pada umumnya.
Selain itu, juga sangat membanggakan orangtua, karena riset ini dilakukan anak – anak yang pintar. Maka hasil riset itu pasti bisa meningkatkan kualitas siswanya juga bermutu bagi madrasahnya, dan Kemenag menyediakan piala bergilir. ”Diharapkan semoga Program MRC yang bermanfaat ini bisa terus berjalan dengan baik setiap tahunnya,” harap Amir Sholehudin. [ach]

Tags: