Rayakan Lulusan UN dengan Mandi Kembang

7-FOTO KAKI ris-SiramanNganjuk, Bhirawa
Lazimnya saat merayakan kelulusan, murid SMA melakukan corat-coret baju dan melakukan konvoi sepeda motor di jalan raya. Namun bagi lulusan SMK Kosgoro Nganjuk tradisi hura-hura tersebut tidak dilakukan, mereka justru menggelar ritual mandi kembang di sekolah sebagai bentuk rasa syukur atas kelulusan mereka setelah mengikuti Ujian Nasional (UN).
Meski tidak lazim saat merayakan kelulusan, namun apa yang dilakukan oleh lulusan SMK Kosgoro ini sepertinya lebih beradab daripada corat-coret baju atau mengganggu ketertiban dengan konvoi.
Dalam ritual mandi kembang yang dilakukan Rabu (21/5) kemarin, siswa berprestasi dipanggil satu per satu di hadapan ribuan teman-teman sekolahnya, kemudian para guru dan wali murid  menyiram atau memandikannya dengan air kembang. Tak urung, prosesi tersebut membuat acara perayaan kelulusan berlangsung haru dan khidmad. Bukan cuma mandi kembang saja, seluruh murid yang dinyatakan lulus diharuskan memakai pakaian tradisional.
Sementara, para lulusan yang dimandikan air kembang mengaku sangat senang dan bangga, karena setelah sekian lama belajar akhirnya mereka bisa lulus dan bahkan diberi kehormatan dengan dimandikan air kembang. Para siswa lulusan SMK Kosgoro yang dimandikan air kembang mengaku sangat senang dan bangga.
“Ritual mandi kembang justru membuat kesan yang selalu diingat oleh seluru lulusan SMK Kosgoro, daripada harus konvoi di jalanan atau corat-coret baju,” tutur Ria Siti Susanti, salah satu siswa yang mengikuti ritual mandi kembang.
Kepala SMK Kosgoro Drs Harsono berharap, dengan ritual siraman atau mandi kembang seperti ini, para adik kelas yang saat ini masih duduk di bangku kelas X dan kelas XI dapat termotivasi agar tahun depan juga bisa lulus UN. “Kegiatan ini lebih karena agar para lulusan SMk Kosgoro tidak melakukan konvoi, sehingga tidak ada¬† tradisi hura-hura di jalanan atau corat coret baju seragam,” ujar Harsono. [ris]

Keterangan Foto : Kepala sekolah SMK Kosgoro Nganjuk, Drs Harsono mengawali ritual mandi kembang terhadap murid yang telah lulus ujian nasional. [ristika/bhirawa)

Tags: