Realisasi PAD Kabupaten Pamekasan TA 2019 Melebihi Target

Kantor Badan Keuangan Daerah Pamekasan.

Pamekasan, Bhirawa
Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pamekasan, Tahun 2019 memenuhi target. Bahkan pencapaian melampaui dari yang sudah ditetapkan. Realisasinya mencapai 123,26 persen.
Plt Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pamekasan, melalui Kabid Akutansi dan Pelaporan, Sahrul Munir menjelaskan, realisasi penerimaan PAD Tahun 2019 mencapai 123,26 persen karena program intensifikasi, ekstensifikasi dan sistem pengawasan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) selaku penarik retribusi dan pajak.
“Dengan pencapaian itu artinya PAD kita sudah melampaui dari target yang sudah ditetapkan,” kata Sahrul, ditemuia di ruang kerja, Selasa (21/1) lalu.
Dalam APBD TA 2019, bahwa target PAD Kabupaten Pamekasan ditetapkan sebesar Rp. 177 miliar. Pada perhitungan akhir tahun pencapaian melebihi hingga sebesar Rp. 219 milyar.
Sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Pamekasan terdiri dari 4 (empat) sumber, yakni dari Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil pengolahan kekayaan daerah dan Pendapatan asli daerah yang sah lainnya.
Dengan rincian, Realisasi Pajak Daerah mencapai 131,63 persen, Retribusi Daerah terealisasi 107,84 persen, Hasil pengolahan kekayaan daerah 109 persen dan Pendapatan PAD yang sah lainnya mencapai hingga 123,29 persen.
Menurut Sahrul, pencapaian PAD tersebut sebenarnya bisa lebih tinggi dari yang dihasilkan sekarang. Apabila dari 11 (Sebelas) jenis pajak dapat dikelola secara keseluruhan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasa.
“Sebelas jenis pajak, kita baru hanya bisa memungut Sembilan pajak. Dua sisanya itu yang belum dipungut, yaitu pajak Sarang Burung Walet dan pajak Galian C. Untuk yang Galian C itu memang kewenangan pemerintah provinsi Jatim,” tandas, mantan Plt Kepala Badan Keuangan Pamekasan. [din]

Tags: