Realisasi PBB – P2 di Bojonegoro Capai Rp 5,4 M, 9 Desa Lunas 100 Persen

Antrean di kantor Bapenda Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro, Bhirawa
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bojonegoro mencatat realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB – P2) per tanggal 11 Mei 2022, mencapai Rp 5.418.181.077 atau 12.50% dari target sebesar Rp 43.353.189.081. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pajak Daerah 2 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bojonegoro, Hendri Eko, kepada Bhirawa, kemarin (12/5).

“Hingga saat ini sudah ada 9 desa di 2 Kecamatan yang sudah lunas PBB P2. Dari jumlah tersebut, 9 Desa pelunasan PBB-P2 tercepat. Yakni, Desa Sidobandung dan Sarirejo, Kecamatan Balen. Kemudian Desa Pacing, Semen Kidul, Sidorejo, Jumput, Duyungan, Semawot dan Purwoasri, Kecamatan Sukosewu,” katanya.

Lebih lanjut Hendri menjelaskan, untuk meningkatkan realisasi PBB – P2 di Kabupaten Bojonegoro pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masing – masing desa hingga kecamatan yang masih belum lunas PBB – P2. “Tujuannya untuk menggali apa yang menjadi permasalahan dan kendala sehingga desa belum lunas PBB P2,” jelasnya.

Masih kata Hendri mengatakan, sementara kita sudah meluncurkan surat untuk seluruh ASN dilingkup pemkab Bojonegoro, yaitu melalui pekan panutan PBB. Harapannya paling lambat 31 Mei 2022 seluruh PNS dan ASN di Kabupaten Bojonegoro bisa melunasi tangung jawab PBB. Termasuk kepala desa dan perangkat desa.

“Salah satu maksud dan tujuan pekan panutan ini adalah agar pns dan kepala desa serta perangkat desa menajdi tauladan bagi masyarakat. Dari sisi ketaatan dan kepatuhan pembayaran PBB itu sendiri dan pada akhirnya prosentase peningkatan penerimaan pajak daerah yang bersumber dari sektor PBB bisa meningkat,” ujarnya.

Harapannya dengan sudah disediakan berbagai macam fasiltas yang ada jadi masyarakat hanya menggunakan handpone dan memastikan bahwa saldo direkening ada melalui apliklasi yang sudah disiapkan oleh pemkab Bojonegoro. “Agar tidak terjadi keterlabatan bayar PBB masyarakat untuk membayar tepat waktu atau sebelum jatuh tempo,” pungkasnya.

Guna memenuhi target PBB – P2 itu, pemkab akan membuka beberapa gerai konter pembayaran PBB di bebearpa desa diwilayah khususnya kecamatan kota. Ada 7 titik yakni diantaranya ledok kulon, sukorejo, campurjo dan beberapa desa lain.[bas.ca]

Tags: