Rektor UIN SATU Tulungagung Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT Tahun Ini

Prof Abdul Aziz

Tulungagung, Bhirawa
Ramai-ramai kenaikan uang kuliah Tunggal (UKT) di sejumlah perguruan tinggi negeri, Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Prof Abdul Aziz, memastikan tidak ada kenaikan UKT di UIN SATU Tulungagung pada tahun akademik 2024/2025.

“Kami tetap tahun ini tidak ada kenaikan UKT,” tandas Prof Abdul Aziz di Kampus UIN SATU Tulungagung, Rabu (15/5).

Ia menyebut UKT tertingi di UIN SATU Tulungagung saat ini sebesar Rp 4 juta. Sedang yang terendah Rp 2,8 juta.

“UKT di UIN SATU tujuh tingkat karena sudah BLU. Memang aturannya begitu,” jelasnya.

Sebelumnya, Prof Abdul Aziz menegaskan meski peringkat UIN SATU Tulungagung mengalami kenaikan peminat di SPAN-PTKIN 2024 dan UMPTKIN, tetapi itu tidak lantas berimbas pada kenaikan UKT. “Alhamdulilah, kami secara nasional untuk peminat nomor urut enam dari 59 PTKIN se-Indonesia. Tahun lalu di nomor 11,” tuturnya.

Tahun ini, lanjut dia, UIN SATU Tulungagung akan menerima mahasiswa baru sekitar 5.500 mahasiswa. “Itu semuanya, selain yang sudah terjaring di SPAN,” terangnya.

Profesor Abdul Aziz kemudian membeberkan pula tentang pengembangan areal kampus dan penambahan program studi di UIN SATU. Rencananya, UIN SATU akan mengembangkan areal kampusnya dengan membeli lahan di wilayah timur Tulungagung seluas sekitar 50 hektar. Lebih luas dari areal kampus saat ini yang hanya 10 hektar.

“Skemanya dengan pembelian. Bukan hibah. Sudah ada anggarannya. Nanti akan dibangun dengan bangunan kampus yang desainnya sampai 50 tahun ke depan masih up date,” paparnya.

Ada pun beberapa program studi atau fakultas yang akan didirikan seiring dengan pembangunan kampus di areal yang baru, di antaranya adalah pertanian, ilmu hukum, kedokteran (kesehatan), saint dan kelautan.

“Untuk saat ini masih moratorium dulu pengadaan program studi baru itu. Sekarang kami berusaha meningkatan status akreditasi institusi dan prodi-prodi,” paparnya lagi.

Namun demikian, Prof Abdul Aziz yakin akreditasi unggul institusi dan prodi UIN SATU Tulungagung akan didapat pada bulan Oktober 2024 mendatang sehingga untuk penambahan prodi dan fakultas baru dapat segera direalisasi. “Biar semuanya terakrediasi unggul dulu. Ini akan menjadi persyaratan untuk mengusulkan fakultas kedokterannya,” pungkasnya. [wed.why]

Tags: