Rest Area Senilai Rp 5,8 M Segera Difungsikan

26-Rest-Area-tubanAkan Disinergikan dengan Wisata Religi
Tuban, Bhirawa
Dalam waktu dekat tempat peristirahatan (rest area ) bagi pengendara yang melintas di jalur pantura Kabupaten Tuban akan segera difungsikan. Saat ini, rest area yang berada di Jalan Re Martadinata atau bekas terminal lama ini sudah selesai pada tahap pembangunan pertama. Selain itu, pedagang juga diketahui mulai mempersiapkan tempat untuk berjualan di bekas bangunan terminal tersebut.
“Insyaallah dalam waktu dekat akan segera difungsikan,” kata Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban Farid Achmadi kepada sejumlah wartawan, Selasa (25/2).
Dijelaskannya pembangunan rest area¬† saat ini sudah tuntas. Rencanannya rest area akan diperuntukkan untuk berjualan makanan dan aneka barang kerajinan khas Tuban. “Sudah ada sekitar 30 pedagang yang akan menempati tempat tersebut,” ujar Farid.
Tidak hanya itu, rest area jalur Pantura ini juga akan disinkronkan dengan keberadaan beberapa tempat wisata religi di Bumi Wali Tuban. Di antaranya adalah makam Sunan Bonang, Pantai Boom yang cukup popoler bagi wisatawan. Bahkan seperti makam Sunan Bonang, setiap hari ada ribuan peziarah yang datang.
“Makam Sunan Bonang rata-rata dikunjungi 12 ribu peziarah setiap bulannya, hal ini sayang apabila dilewatkan.¬† Pantai Boom juga tak kalah menariknya,” kata Farid.
Ditegaskan Farid, keberadaan rest area diharapkan bisa membawa dampak positif bagi perekonomian di Kabupaten Tuban khususnya bagi pedagang makanan dan minuman, serta para perajin aneka kerajinan.
Soal pengelolaan bisa dilakukan pemerintah, swasta, atau bahkan sharing antara pemerintah dengan swasta. “Kita masih mempelajari sistem mana yang lebih enak dan menguntungkan,” katanya sambil mengatakan kalau Pemkab Tuban juga masih melakukan tata kelola rest area.
Untuk diketahui, pembangunan rest area di jalur nasional tersebut menelan anggaran Rp 5,8 miliar. Pembangunan rest area, selain sebagai tempat peristirahatan, juga dimanfaatkan untuk mengenalkan produk khas Kabupaten Tuban dan mendongkrak perekonomian warga setempat. [hud]

Tags: